Sabtu, 12 Mei 2018

CAC Banjarmasin Bangun Taman Baca untuk Para Anak Buruh

Para punggawa CAC Banjarmasin dan anak-anak saat di Taman baca Kelayan Timur Banjarmasin/beritabanjarmasin.com
Banjarmasin, BBCOM - Coin a Chance! (CAC) Banjarmasin membangun taman baca yang bertempat di Jl. Peradaban, Kelayan Timur. Taman baca yang berawal dari kunjungan di bangunan yang dibuat oleh dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Banjarmasin. 

Coin a Chance! Sendiri adalah gerakan sosial di bidang pendidikan untuk membantu anak-anak dari keluarga tidak mampu agar bisa bersekolah dan mendapat pendidikan yang layak. Dengan mengajak kawan-kawan, kerabat, keluarga, juga para netizen untuk mengumpulkan recehan atau uang logam yang bertumpuk di rumah dan tidak digunakan. Koin yang terkumpul akan ditukarkan dengan sebuah kesempatan bagi anak-anak putus sekolah atau murid dari keluarga tidak mampu agar mereka bisa melanjutkan sekolahnya. Selain beasiswa adik asuh, bentuk bantuan yg biasanya disalurkan oleh CaC! Banjarmasin berupa perlengkapan sekolah (tas dan alat tulis kantor), seragam sekolah, dan sepeda.

Taman baca terletak di bangunan berlantai dua tersebut dimanfaatkan untuk kegiatan seperti pengajian. Semenjak tokoh masyarakat disana meninggal, kegiatan pengajian otomatis berkurang. Dan akhirnya kembali di gunakan untuk anak-anak di bawah umur 10 tahun sebagai taman baca yang diambil alih oleh CAC Banjarmasin. 

"Taman baca ini dibuat dengan tujuan memacu anak-anak untuk gemar membaca dan membuka wawasan mereka agar mempunyai cita-cita apalagi mayoritas warga disana berprofesi sebagai buruh," ucap Farina Amelia selaku Koordinator Coin a Chance! Banjarmasin

Taman baca ini dikelola oleh warga sekitar. Mayoritas buku yang ada disana adalah bacaan untuk anak-anak, majalah, dan ensiklopedia. Namun tetap taman baca ini masih kekurangan koleksi buku dan fasilitas. 

"Taman baca ini masih banyak memerlukan donasi dari masyarakat baik berupa buku layak baca dan materi. Materi yang didonasikan dipergunakan untuk membeli buku, rak, majalah, dan alat pembersih," Pungkasnya. (puji/ayo)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only