Selasa, 24 April 2018

Tak Perlu Tegang, 75% Soal USBN SD digodok oleh Guru di Daerah

 Totok A Daryanto selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin/beritabanjarmasin.com
Banjarmasin, BBCom - Ujian Sekolah Bertaraf Nasional (USBN) tingkat Sekolah Dasar akan dilaksanakan pada 3-5 Mei 2018 mendatang, persiapan pun sudah dalam penggandaan soal.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Totok A. Daryanto.

"Memang dalam peraturan yang baru untuk soal ujian sekolah dasar (SD) itu dibuat oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) dari kabupaten/kota dengan komposisi 75% dan 25% nya lagi dari pusat," ujarnya.

Masih oleh Totok, Pusat hanya menyediakan kisi-kisi dan untuk soal diserahkan ke Kelompok Kerja Guru (KKG) yang ada di kabupaten kota yang disesuaikan kondisi lokal daerah.

"Mungkin saja tingkat kesulitannya nanti berbeda-beda," tuturnya yang ditemui beritabanjarmasincom di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin pada Selasa, (24/04).

Sebelumnya, Kelompok kerja guru kabupaten/kota yang diberi kewenangan untuk membuat soal ujian ini juga mempunyai mastering yang sudah dibina dan dilatih di pusat dalam pembuatan soal.

"Ujian ini bukan merupakan satu-satunya faktor yang menyatakan kelulusan pelajar, ujian ini hanya sebagai ajang untuk mengukur pemahaman belajarnya saja." jelas Totok.

Oleh karenya, ia berharap tidak perlu tegang karena yang membuat soal adalah kelompok kerja guru yang ada di wilayah masing-masing dan pastinya tahu taraf kemampuan pelajar. (arum/puji/ayo)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only