Senin, 23 April 2018

Mau Tuan Rumah PON 2024, Kalsel Harus Banyak Berbenah

Surinto, Komisi III DPRD Kalsel/beritabanjarmasin.com
Banjarmasin, BBCom - Setelah tiga bulan lalu pemerintah Kalimantan Selatan menggelar pertemuan dengan Kepala Dinas Pemuda, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) se Kalimantan Selatan, pada Selasa (09/01) bertempat di Aula Dinas pemuda olahraga (Dispora) untuk menyiapkan Kalsel sebagai calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024.

Melalui pernyataan Kepala Dispora Kalimantan Selatan H Zakly Aswan kepada wartawan bahwa ia mengaku senang seluruh Dispora dan KONI se Kalsel mendukung sebagai tuan rumah PON XXI dan beberapa kepala Dispora kabupaten/kota seperti Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Tanah Bumbu punya pandangan yang sama.

Ya, PON XXI yang akan digelar tahun 2024 mendatang begitu menyedot perhatian dan menjadi tuan rumah memang punya daya tarik tersendiri.

"Rencana pemerintah menjadi tuan rumah PON ini merupakan suatu cita-cita yang mulia tapi yang paling penting adalah kita harus pastikan bahwa ini adalah kebutuhan bukan keinginan," tegas Surinto  anggota DPRD Kalsel komisi III Fraksi PKS, pada Senin (23/04).

Masih oleh Surinto, ia berujar kalau berhitung memang menjadi tuan rumah akan ada dampak positif untuk provinsi, tapi harus ada yang ditanggung rakyat Kalsel terkait pembiayaannya. 

"Kita harus cermat berhitung apakah ada dampak yang signifikan atau tidak dengan APBD kita," tambahnya.

ia menilai dari segi kebutuhan yang lebih urgen, Kalsel masih banyak yang harus dipenuhi seperti kesehatan dan pendidikan.

"Mestinya pemerintah konsentrasi terhadap kebutuhan tersebut agar terlaksana dengan baik. Jangan sampai kebutuhan ini terkalahkan karena kita punya keinginan lain misal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional. Terkecuali, anggaran daerah kita longgar akan menjadi tidak masalah untuk rencana ini," tandasnya.

Ia pun tidak mempermasalahkan kemauan jadi tuan rumah, namun perlu di kaji kembali.

"Sebenarnya rencana ini sah saja tapi apakah timing nya tepat untuk 2024," pungkasnya. (arum/puji/ayo)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only