Sabtu, 10 Februari 2018

Salut, Para Profesional Ini Luangkan Waktu Kerjanya Untuk Tebar Inspirasi

Banjarmasin, BBCom - Suasana meriah nampak terlihat di halaman sekolah SDN 3 Teluk Dalam, Jalan Batu Damar, Komplek Pendidikan Mulawarman pada Sabtu pagi (10/2). 

Tidak hanya anak-anak siswa dan dewan guru yang hadir disana, terdapat juga orang-orang dewasa yang hadir dengan atribut pekejraan mereka. Ada tentara, polisi, pengusaha, pekerja kontraktor dan masih banyak lagi. 
(suasana ramai pada kelas inspirasi #3 Banjarmasin/beritabanjarmasin) 
Apakah sedang ada pembagian rapot atau kunjungan orang tua murid ke sekolah ? 

Ternyata tidak. Orang-orang tadi adalah para profesional di bidangnya masing-masing yang meluangkan sehari waktu mereka untuk hadir dan menginspirasi anak-anak disana dengan mengikuti sebuah kegiatan yang diberi nama “Kelas Inspirasi #3 Banjarmasin”. 

Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada pendidikan Indonesia. 

“Kelas inspirasi ini adalah anak dari Gerakan Indonesia Mengajar (GIM), yang mana GIM mengutus anak-anak muda untuk mengajar di SD pedalaman selama setahun. Sementara Kelas Inspirasi ini diperuntukkan kepada para profesional yang mungkin tidak bisa secara langsung terjun selama setahun penuh tetapi tetap ingin memberikan inspirasi dan motivasi kepada anak-anak melalui profesi yang mereka miliki.” Kata Elly Yunita selaku koordinator kegiatan. 

Memiliki motto “Sehari Mengajar, Selamanya Menginspirasi” kegiatan pagi itu diawali dengan joget bersama mengikuti iringan musik lagu anak-anak “Baby Shark” yang sempat booming di tahun 2017. Setelah itu kemudian anak-anak kembali masuk ke ruang kelas masing-masing dan mengikuti kelas dari para inspirator. 

Salah satu relawan yang menjadi inspirator pada kegiatan kali ini adalah Mayor Inf. Maserani, S.Ag yang mengaku senang bisa memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak disana. 

“Yang jelas anak-anak ini luar biasa, komunikatif. Kita ajak mereka ke komunikasi dua arah sehingga bisa dia mengungkapkan soal keinginan dan cita-citanya. Misalnya mereka bercita-cita jadi polisi dan tentara silahkan persiapkan sedini mungkin seperti kesehatan jasmani dan rohaninya," ujarnya 

“Tadi ada beberapa yang tidak menyebutkan cita-cita, dia belum kelihatan gambaran cita-citanya karena mungkin masih bingung. Disitu kita berikan motivasi bahwa tidak perlu terpaku pada satu saja. Misal nanti tidak jadi PNS, guru masih banyak profesi yang masih bisa dilakukan seperti jadi pengusaha dan banyak lagi.” Tutup Perwira TNI yang menjabat sebagai Kasdim 1007 Banjarmasin ini. 

Tak ketinggalan, pihak sekolah turut menyambut positif diadakannya gerakan ini di sekolah mereka. 

“Kami dari pihak sekolah baik dewan guru dan anak-anak sangat senang, karena mereka jadi bisa terinspirasi dan menuruti profesi-profesi yang diajarkan pada mereka. Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut dan menebar inspirasi ke lebih banyak anak-anak diseluruh Indonesia.” Kata Hj. Wahidah selaku Kepala Sekolah SDN 3 Teluk Dalam Banjarmasin.

Acara pagi itu juga dihadiri oleh Tim Ketua Penggerak PKK Banjarmasin Hj. Siti Wasilah. [sf/ayo]

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only