okeee

okeee

» » » Pertahankan Kearifan Lokal, Rumah Lanting Bakal Dipermak


BANJARMASIN, BBCOM - Pemkot Banjarmasin saat ini tengah gencar melakukan revitalisasi sungai. Dari pemeliharaan, penataan, hingga pemungsian kembali sungai sebagai salah satu urat nadi kehidupan kota.

Salah satunya dengan rencana mengmbalikan rumah lanting. Dimana seperti diketahui, selain merupakan salah satu kearifan lokal yang sangat sayang jika dihilangkan, untuk Banjarmasin sendiri 42 persen kawasan kumuh berada di bantaran sungai. Sehingga dirasa perlu melakukan perubahan kearah yang lebih baik terhadap rumah lanting guna mengurangi angka kekumuhan kota.

Nah, untuk itu Pemkot Banjarmasin dibantu Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) PUPR Jogjakarta tengah mengkaji konsep rumah lanting yang ideal untuk kota yang berjuluk seribu sungai itu.

Kadis Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Banjarmasin Ahmad Fanani mengatakan, pengkajian tidak lain dimaksudkan agar rumah lanting bisa hadir dengan inovasi yang lebih baik dari yang ada saat ini.

"Kita menghendaki rumah lanting itu jangan sampai dihilangkan, cuma kita perbaiki bagaimana pantasnya, dan lebih baik dari yang ada sekarang ini," ucapnya saat ditemui diruangnnya, Jumat (22/9/2017).

Saat ini pihaknya masih menunggu hasi disain rumah lanting dari Puslitbang yang nantinya apabila selesai akan di presentasikan kepada kepala daerah dan SOPD terkait untuk kembali dibahas apakah sudah sesuai dengan apa yang diharapkan atau belum.

"Disainnya tidak hanya dari bentuk fisik saja, tapi jugu sagala sesuatu yang berkaitan dengan estetikanya. Misal seperti jamban dibuat tidak jatuh langsung, tapi ada pemampungannya," ujarnya.

Selanjutnya tambah Fanani, jika disain rumah lanting sudah bisa diterima. Untuk langkah awal nantinya jenis rumah lanting yang baru tersebut akan di promosikan kepada pihak perhotelan untuk membangun yang berfungsi sebagai contoh awal.

"Jadi disainya murni dari litbang sesuai keahlian mereka. Jadi disainya tidak mengada - ada. Kita minta untuk disainkan rumah lanting yang bagus, yang nantinya akan dijadikan percontohan," pungkasnya. [sbr]

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini