okeee

okeee

» » » Ibnu Sina: Jangan Lupakan Sejarah Dan Ahli Warisnya


BANJARMASIN, BBCOM - Diperingatan Hari Jadi (Harjad) Kota Banjarmasin ke 491, Pemerintah Kota Banjarmasin yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kota Banjarmasin melakukan ziarah ke makam Sultan Surianyah, Kuin Utara, Banjarmasin Utara, Senin (25/9/2017).

Agenda yang dilaksanakan disetiap peringatan Harjad Kota Banjarmasin itu sebagai bentuk penghormatan, serta terimakasih atas jasa para Raja dan keluarga yang telah memperjuangkan tanah Banjar hingga bisa dinikmati seperti saat ini.

Seperti hatun - tahun sebelunya, kegiatan ziarah selalu dibalut dengan tradisi Banjar. Itu dapat dilihat dari pakaian yang dikanakan para pejabat Pemkot tersebut. Dengan mengenakan stelan dan tutup kepala (laung) khas Banjar, mereka tampak hikmat melakukan doa bersama dan tabur bunga di komplek pemakaman para Raja Banjar.

Selain itu, sebagai ucapan terimakasih dan rasa keperdulian terhadap juriat para Raja. Pemkot juga meyerahkan bingkisan sebagai bentuk tali asih kepada para ahli waris.

Dalam wawancaranya, Ibnu Sina berpesan kepada masyaraat,  khususnya kepada pejabat Pemkot agar tidak pernah melupakan sejarah, serta keturunan para raja. Mengingat ujarnya, Banjarmasin terbentuk hingga bisa berusia 491 tahun tidak luput dari jasa para Raja Banjar.

"Ini kita lakukan supaya kita ingat dengan pendiri kota ini, agar jangan sampai melupakam sejarah, termasuk juga para ahli warisnya," ucapnya.


Selain itu, orang nomor satu di Banjarmasin itu menambahakan, ziarah dilakukan sebagai sarana untuk mengingat kembali perjuangan orang - orang terdahulu dalam memperjuangkan Kota Banjarmasin hingga bisa dinikmati seperti sekarang ini.

"Di sini lokasi pertama kesultanan Banjar. Sejarah Banjarmasin kan diawali di Muara Kuin ini," kata Ibnu.

Dia selaku kepala daerah berharap, melalui momentum ziarah di peringatan Harjad Banjarmasin ke 491, bisa memberikan semangat baru, khususnya kepada Pemerintah Kota dalam menjalankan roda pemeintahan.

"Mudah - mudahan ini menjadi spirit pada jajaran pememerintah kota, dalam mabangun Kota Banjarmasin Baiman, Barasih Wan Nyaman," pungkasnya. [sbr]

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini