okeee

okeee

» » » Begini Cara Cerdas Pemkot Banjarmasin Percantik Kota

BANJARMASIN, BBCOM - Upaya Pemerintah Kota Banjarmasin untuk mengasrikan dan memperindah kota yang  kota seribu sungai ini seakan tak ada henti-hentinya.

Salah satunya dengan didirikannya kembali taman vertikal yang terletak diantara Jembatan Tatas 1 dan 2, Jalan Jenderal Sudirman. Tepatnya di depan SPBU dekat Masjid Sabilal Muhtadin belum lama ini.


Ya, taman vertikal merupakan salah satu kampanye yang saat ini dilakukan oleh Pemkot Banjarmasin dalam hal penghijauan kota. Sejak beberpa tahun lalu, pemkot sudah banyak mendirikan taman vertikal di beberapa titik strategis. Sebut saja seperti di Fly Over Jalan A Yani, Jalan Antasari, di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Basirih, serta di balai kota sendiri.

Di samping memperindah kota, yang tidak kalah penting adalah keefektifan dan efisiensinya tempat. Di mana taman vertikal tidak terlalu banyak menggunakan lahan seperti taman-taman pada umumnya. Karena sifatnya yang menjorok ke atas.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mukhyar selaku motorik pembangunan taman vertikal mengatakan, jika pendirian taman vertikal memang merupakan program Pemkot sendiri, disamping melakukan pembanguna taman lainya, yang diharapkan dapat menambah penghijauan sekaligus memperindah kota.

"Ini salah satu upaya kita untuk mewujudkan visi misi Pemkot Banjarmasin menjadi kota yang ramah lingkungan dan asri," ucapnya kepada BeritaBanjarmasin.com saat ditemui di ruangannya, Jumat (7/6/2017).

Lebih lanjut mantan kepala Dinas Kebersihan ini menerangkan, keberadaan taman vertikal juga banyak mendapat respon yang baik dari masyarakat. Karena bentuknya tergolong unik, dengan tatanan tanaman yang bisa diatur dengan sedemikian rupa. Serta bisa dinikmati keindahannya oleh khalayak ramai, karena posisinya yang bisa di letakan di pinggiran jalan kota tanpa mengganggu si pengguna jalan.

"Hanya bermodalkan kerangka dan kain kantong yang khusus untuk menanam tanaman, maka taman sudah bisa dibangun. Kalau angarannya kemarin untuk yang di Jalan Sudirman itu sekitar 200 juta," tuturnya.

Ia berharap, masyarakat dapat membantu menjaga, merawat dan memperindah lingkungan paling tidak ditempat masing-masing yang merupakan tanggung jawab bersama. Agar bisa terwujud pembangunan kota seperti yang diharapkan di Bumi Antasari.

"Marilah kita jaga bersama taman-taman yang sudah ada, jangan sampai taman yang sudah ada seperti taman vertikal ini rusak karena tidak terawat," harapnya.

Sementara itu salah seorang warga Indah Susanti mengatakan, jika keberadaan taman vetikal di Jalan Sudirman sungguh menarik perhatiannya yang sering selintas di sana.

"Peletakannya sangat pas kalau posisikan di situ. selain bisa terlihat dengan jelas, pemanfaatan sepasi jembatan juga cukup cerdas," ucapnya.

Ia berharap Pemkot Banjarmasin bisa terus menambah taman vertikal di Kota Banjarmasin. Agar kota Banjarmasin bisa semakin hijau.

"Kalau bisa diperbanyak lagi taman seperti ini, kan kota jadinya kelihatan lebih bagus dan teduh," harapnya. [sbr]

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini