Kamis, 29 Juni 2017

Solihin Tempuh 24 Jam Perjalanan untuk Ziarah ke Makam Sultan Suriansyah

BANJARMASIN, BBCOM - Pra dan Pasca lebaran, Makam Sultan Suriansyah yang terletak di Kuin Utara, Banjarmasin, tampak tak pernah sepi pengunjung yang ingin berziarah.

Selain warga Banjarmasin sendiri, ada juga dari luar daerah seperti daerah Kalimantan Tengah dan Timur. Mereka berbondong-bondong memadati komplek pemakaman para keturunan Raja Banjar tersebut.


Salah satunya Solihin, warga Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah. Ia bersama keluarganya rela menempuh perjalanan jauh untuk ziarah ke makam Raja Banjar pertama yang memeluk Islam itu.

"Kalau dari Sukamara siang, malam baru bisa sampai ke sini. Kurang lebih 24 jam," ungkapnya kepada BeritaBanjarmasin.com, Kamis (29/6/2017).

Kendati demikian, niat untuk ziarah tak surut hanya karena jarak yang cukup jauh tersebut. "Karena beliau raja Islam pertama di Kalsel kan. Jadi sepatutnya kita menziarahi makam beliau," tambahnya.

Bahkan ia berniat untuk menjadikan ziarah sebagi agenda tahunan di suasana lebaran. "Seandainya ada rezeki maunya setiap bulan ke sini," ucapnya. [sbr/sip]

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only