okeee

okeee

» » Persediaan Sapi Meningkat, Kabupaten Batola Jadi Sentra Sapi Kurban

MARABAHAN - Menyambut hari raya Idul Adha, pemerintah kabupaten Barito Kuala (Batola) diminta memastikan kebutuhan hewan kurban seperti sapi tercukupi. Termasuk kebutuhan sapi untuk di jual ke luar Kabupaten Batola. Apalagi permintaan ada kemungkinan meningkat.

Anggota DPRD Kabupaten Batola, Agung Purnomo mengatakan kebutuhan hewan kurban harus terpenuhi untuk masyarakat Kabupaten Batola sendiri dan dikirim ke luar Batola, seperti ke Kalimantan Tengah. "Kabupaten Batola merupakan sentra stok hewan kurban. Tentu distribusinya harus dipantau menjelang Idul Adha ini," kata Agung, Rabu (31/8/2016).

Dinas Peternakan Kabupaten Batola, urainya, tahun ini memiliki persediaan sapi mencapai 1.940 ekor. Kebutuhan sapi untuk Idul Adha di Kabupaten Batola hanya sekitar 350 ekor. "Kalau kebutuhan wilayah Batola sendiri ketersediaan sapi masih aman," jelasnya.

Ditambahkan politisi PKS ini, jumlah persediaan sapi Kabupaten Batola meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya menyediakan sekitar 1.500 ekor. Peningkatan persediaan sapi ini diharapkan mampu mengantisipasi peningkatan jumlah permintaan para pembeli dari luar Kabupaten Batola.

"Persediaan meningkat, otomatis bisa dijual ke kabupaten/kota lain seperti Banjarmasin, Banjar, Banjarbaru maupun permintaan dari Kalimantan Tengah," ujar Agung.

Stok sapi yang disiapkan ini, tegasnya, tentu saja sapi kurban siap jual dan sehat. Stok sapi di Kabupaten Batola tersebar di tujuh kecamatan seperti Alalak 60 ekor, Mandastana 650 ekor, Belawang 220 ekor, Rantau Badauh 300 ekor, Barambai 175 ekor, Wanaraya 450 ekor, dan Tamban 85 ekor. [orin/sip]

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini