okeee

okeee

» » » » Sambal ARB, Angkat Harkat Kuliner Khas Banjar

BERITABANJARMASIN.COM - Orang Banjar di Kalimantan Selatan sudah tentu akrab dengan sambal acan (terasi). Nah lewat inovasi pengusaha banua, Aulia Abdi, sambal acan khas Banjar kini mulai menasional dan harumkan nama Kalimantan Selatan. Melalui brand Sambal Acan Raja Banjar (ARB), ia turut mengangkat harkat kuliner khas Banjar.

Kini dalam sebulan, Aulia bahkan bisa memproduksi sambal ARB hingga ribuan botol karena meningkatnya permintaan dari Kalimantan Selatan hingga luar daerah. Selain itu ia juga melebarkan sayap dengan membuka rumah makan khas Banjar dengan nama Rumah Sambal Acan Raja Banjar.

Sambal ARB dikutip dari laman resminya, sambalarb.com dibuat dengan bahan-bahan yang akrab dengan dapur kita. Pertama-tama, karena ini sambal acan maka bahan utama nya sudah pasti adalah acan atau terasi.

Terasi yang dipakai adalah terasi udang dengan bahan baku terbaik hasil produksi lokal dari banua kita Kalimantan Selatan. Berikutnya ada lombok perawit atau cabe rawit yang satu demi satu dipilih oleh tangan-tangan cekatan untuk memastikan bahwa tidak ada cabe dengan kualitas buruk yang terpakai.

Kedua bahan tadi, ditambah dengan gula dan garam yang disini berfungsi tidak hanya sebagai penambah cita rasa, akan tetapi juga sebagai pengawet makanan alami yang kemudian ditambah dengan berbagai macam buah sebagai penambah rasa khas dari Sambal ARB. Buah yang dipilih adalah buah dengan rasa yang identik dengan lidah orang banua, yang sangat pas apabila dicampurkan dengan sambal acan, ada buah mangga, ramania, binjai, tempuyak, rambai, terong asam dan limau kuit.

Seluruh bahan-bahan langsung dicampur dengan cara dipirik atau diulek dengan menggunakan tangan, tanpa dibantu alat-alat canggih. Bahan tidak dimasak terlebih dahulu karena Sambal ARB berusaha memberikan sambal dengan bahan yang fresh dan rasa sambal pun terasa lebih segar. Aulia ARB juga ingin menghadirkan sambal dengan cita rasa khas seperti buatan ibu di rumah, itulah kenapa sambal diproduksi dengan cara dipirik atau diulek langsung dengan menggunakan tangan.

Sambal ARB yang sudah jadi kemudian dikemas ke dalam botol-botol dengan tentunya selalu terjaga kebersihannya. Walaupun tanpa menggunakan bahan pengawet, Sambal ARB mampu bertahan sampai dua bulan lamanya. Sambal ARB, Sambal acan kemasan tanpa pengawet buatan, siap menemani makan kita dimana saja dan kapan saja. [orin/sip]

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini