okeee

okeee

» » » Warga Banua, Inilah Bahaya Kantong Plastik yang Harus Pian Ketahui

BERITABANJARMASIN.COM - Meskipun nampak sepele, kantong plastik ternyata sangat tidak baik untuk lingkungan jika tidak digunakan dengan bijak. Berikut beberapa bahaya dari kantong plastik yang warga Kalimantan Selatan harus mengetahuinya.

Kantong plastik dari mulai tahapan pembuatan, penggunaan, sampai pembuangannya memproduksi emisi karbon yang besar dan menyumbang terjadinya perubahan iklim seperti dikutip dari pernyataan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik.

Hal ini juga menjadi salah satu sebab yang menyebabkan bumi terus memanas. Sumber bahan kantong plastik yang dibuat dari minyak bumi, adalah SDA tak terbarukan, menyebabkan pencemaran lingkungan pada negara berkembang, sebab limbah pabrik kantong plastik dibuang ke sungai.  Selain itu pembakaran gas metana menyebabkan emisi karbon ke udara.

PENCEMARAN LINGKUNGAN
Kantong plastik adalah barang sekali pakai yang kegiatan setelah penggunaannya kebanyakan tidak bertanggung jawab. Kantong plastik yang dibuang seenaknya dan sembarangan kemudian mengakibatkan beberapa hal seperti: selokan dan badan air tersumbat, menganggu habitat hewan karena terkonsumsi, usaknya ekosistem laut dan sungai.

Oleh seban sampah plastik (terutama kantong plastik) tak digunakan dengan bertanggungjawab, mengakibatkan Indonesia “diklaim” sebagai "donatur" sampah plastik terbesar kedua di dunia (Jambeck et al, 2015).

MEMBAHAYAKAN MANUSIA
Apabila dibakar, kantong plastik dapat mengakibatkan polusi udara serta gangguan pernapasan. Kantong plastik yang dipakai untuk tempat makanan ada kemungkinan mengganggu kesehatan manusia disebabkan racun di kantong plastik dapat masuk ke makanan.

SANGAT LAMA TERURAI
Kantong plastik serta jenis plastik lainnya susah terurai di tanah sebab rantai karbonnya amat panjang, menyebabkan susah pula diurai oleh mikroorganisme. Kantong plastik bakal terurai ratusan sampai ribuan tahun berikutnya. Kantong plastik yang dikatakan ramah lingkungan saja masih  terurai lama dan tetap menjadi sampah. Apalagi sifatnya yang cepat terurai menjadi mikro plastik, bakal tidak susah untuk mencemari lingkungan.

Sebagai tambahan mulai tahun 2009 lalu, di Indonesia sudah menyebar peringatan publik atas bahaya kantong plastik, khususnya kantong plastik hitam atau lebih dikenal dengan nama kantong kresek.

Sebagian besar dari kantong kresek  merupakan hasil produk daur ulang, dan material yang didaur ulang diambil dari beragam bahan yang sangat tidak baik untuk kesehatan. [orin/sip]

photo source: pbs.org

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini