okeee

okeee

» » » Kedahsyatan Manfaat Iwak Haruan Ini Perlu Kita Ketahui

Iwak (ikan) Haruan atau ikan gabus memang sangat populer di Kalimantan Selatan. Ikan jenis ini bahkan menjadi pendamping utama untuk menyantap kuliner khas Banjar seperti Katupat Kandangan, nasi kuning maupun lontong. Ikan Haruan adalah salah satu lauk primadona di daerah ini. Namun tahukah pian kedahsyatan manfaat dari ikan Haruan?

Walaupun ikan lain familiar pula menjadi  sumber protein yang bagus bagi tubuh, tetapi ikan haruan, dikutip dari tulisan Haerudin R.S, pada situs mongabay.co.id
dikenal mempunyai macam kandungan gizi yang tinggi. Kandungan protein ikan gabus sebanyak 25 persen, lebih tinggi dari kadar protein ikan bandeng (20 persen), ikan mas (16 persen), ikan kakap (20 persen), maupun ikan sarden (21,1 persen).

Dahsyatnya, iwak gabus ini sangat banyak mengandung albumin, yang merupakan protein penting untuk tubuh manusia. Albumin dibutuhkan tubuh manusia, khususnya untuk pemulihan luka-luka. Pemberian daging ikan gabus atau ekstrak proteinnya sudah dites untuk menambah kadar albumin pada darah serta membantu penyembuhan berbagai penyakit yaitu stroke kankergagal ginjal, diabetes mellitus sampai pengobatan usai operasi.

Kekurangan albumin pada tubuh manusia (hypoalbumin) mengakibatkan nutrisi tak mampu diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh. Bagi anak, kekurangan albumin dapat mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan, perkembangan otak yang tak maksimal, penurunan imunitas tubuh sampai mengakibatkan anak gampang sakit. [orin/sip]

photosource: saadillahmursyid.blogspot.com

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini