okeee

okeee

» » » » Panic Garden Kalsel, Calon Destinasi Wisata Baru di Banua

Panic Garden adalah nama dari taman labirin yang ada di UPT Kebun Raya Banua, Kalimantan Selatan. Apa itu labirin? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, labirin merupakan tempat yang penuh dengan jalan dan lorong yang berlika-liku dan simpang siur, atau dapat juga diartikan sebagai sesuatu yang rumit dan berbelit-belit.

foto: http://zainalhakimmsc.blogspot.co.id

Panic Garden ini akan menjadi taman labirin kedua yang ada di Kalimantan Selatan selain di BP3T Tambang Ulang yang juga berada di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Panic Garden berada di Kebun Raya Banua di Jl. Aneka Tambang Kota Banjarbaru, Kalimantan Selata.

Namun, perbedaannya terletak pada bentuk dan luasan labirin. Labirin kebun Raya Banua berbentuk lingkaran, dengan dinding terluar yang terbuat dari tanaman Pucuk Merah kemudian dinding bagian dalam yang berlapis-lapis terbuat dari tanaman teh-tehan. Proses pengerjaan taman labirin ini berlangsung selama 5 bulan (Februari-Juni 2015).

Mengingat tema khusus Kebun Raya Banua adalah tanaman berkhasiat obat, tim Kebun Raya Banua tidak luput menambahkan tanaman obat pada lingkaran terdalam taman labirin yang nantinya akan dibangun menara pantau. Berbagai jenis tanaman obat seperti Puring (Codiaeum sp.), Kaca Piring (Gardenia jasminoides), Kemuning (Murraya paniculata), Serut, serta Pacar cina ditanam dalam 12 bedeng tanam yang berukuran 1m2. Nantinya, bedeng-bedeng tanaman obat ini akan diberi papan informasi khasiat seperti papan tanaman di taman herbal bed.

Hingga Desember 2015, taman labirin Kebun Raya Banua telah tumbuh setinggi lutut orang dewasa, dan diharapkan pada akhir tahun 2016 tinggi taman labirin dapat mencapai 1,5-2 m sehingga dapat mulai dibuka untuk umum dan dijadikan ikon pendukung saat launching KR Banua.

source: http://kebunrayabanua.kalselprov.go.id

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini