Ini Cara Paten Hemat BBM di Semua Jenis Mobil | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 03 Februari 2016

Ini Cara Paten Hemat BBM di Semua Jenis Mobil

Tidak harus memiliki mobil hybrid untuk bisa menghemat penggunaan bahan bakar mobil Anda. Fitur berjenis eco-care pun telah banyak diluncurkan berbagai merek kendaraan demi mengedukasi masyarakat untuk berhemat bahan bakar. 

Berikut ini beberapa informasi mengenai cara-cara mudah yang dapat dilakukan setiap pengendara untuk dapat berhemat bahan bakar apapun merek dan jenis mobilnya. 

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah berat muatan barang yang Anda bawa di mobil pada saat bepergian. Jika Anda membawa dua buah koper yang memiliki berat 20 kg dan sebuah boks dengan berat 5 kg maka hal tersebut sudah mengurangi dua persen dari laju mobil Anda. 

Hal kedua yang perlu dicermati adalah peletakan barang bawaan. Seringkali pada musim liburan atau mudik, banyak pemilik kendaraan yang menaruh barang di atap mobil karena kapasitas bagasi mobil tidak mencukupi. Namun faktanya, barang-barang yang ditumpuk di atap mobil tersebut dapat mengurangi sisi aerodinamis mobil dan berdampak pada pemborosan bahan bakar hingga lima persen. 

Hasil analisa juga memperlihatkan bahwa mengebut di jalan raya kota menyumbang pemborosan bahan bakar sebesar lima persen dan mengebut di jalan bebas hambatan menimbulkan pemborosan hingga 33 persen pada mobil Anda. 

Faktanya, bila Anda memacu mobil mulai dari kecepatan 10 km/jam hingga 100 km/jam dengan menginjak pedal gas berulang-ulang, untuk setiap 1,6 km yang Anda tempuh maka sama saja dengan membuang ekstra Rp 4.000,- dari bensin yang seharusnya dapat Anda hemat. 

Hal lain yang menjadi pemicu pemborosan bahan bakar adalah ketika Anda memainkan gas mobil Anda ketika berada di posisi steady atau idle, maka Anda membuang percuma 1/4 liter bensin. Situasi ini sering terjadi pada saat Anda tengah di lampu merah atau ketika memanaskan mobil di pagi hari. Hal ini tidak diperlukan karena kendaraan masa kini tidak lagi membutuhkan pemanasan mesin ketika akan digunakan dan akan mati ketika didiamkan lebih dari 30 menit.

Selain hal di atas, Anda sebaiknya rutin mengecek tekanan udara pada ban mobil Anda. Faktor tekanan udara yang pas akan mengefektifkan pembakaran bahan bakar mobil Anda hingga empat persen. Langkah terakhir untuk menghemat bahan bakar adalah bijak menggunakan pendingin udara di kabin mobil. 

Pemakaian pendingin udara yang terlalu dingin menyumbang pemborosan bensin mobil Anda hingga 10-15 persen. Gunakan pendingin udara mobil Anda dengan temperatur yang ringan agar tidak memberatkan kinerja mesin yang berakibat pada pemborosan bahan bakar mobil kesayangan Anda.(FHR/tajuk.co)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner