Perlukah Mencuci Kendaraan Lebih Sering di Musim Hujan? | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 19 Januari 2016

Perlukah Mencuci Kendaraan Lebih Sering di Musim Hujan?

Belakangan ini musim hujan mulai intens membasahi berbagai wilayah di Indonesia, . Intensitas hujan yang meningkat membuat banyak pemilik kendaraan berpikir untuk lebih sering mencuci kendaraan mereka dibandingkan bulan-bulan sebelumnya agar kendaraan mereka terus terlihat bersih.

Berdasarkan data situs otomotif Carmudi, terjadi lonjakan hingga 30 persen bila dibandingkan dengan bulan – bulan sebelumnya.

Menurut montir beberapa dealer dan bengkel, sebaiknya Anda tidak mencuci mobil terlalu sering. Pada musim penghujan, sempatkan untuk mencuci mobil maksimal seminggu sekali di rumah, dan bawa kendaraan Anda minimal sekali dalam sebulan ke tempat pencucian mobil terdekat untuk dicuci secara menyeluruh.

“Jangan terlalu sering mencuci mobil Anda dan sebaliknya jangan membiarkan kendaraan Anda tidak dicuci dalam jangka waktu lama setelah terkena hujan. Jika mobil terus menerus terkena air maka akan membuat body ataupun mesin menjadi lembab," kata Umar, salah seorang Montir.

Keadaan tersebut membuat karat dan jamur singgah di kendaraan Anda.  Air hujan dan kotoran yang menempel di rongga sasis dan komponen-komponen suspensi bisa mengakibatkan oksidasi pada besi, yang menimbulkan karat. 

Dan jamur yang timbul oleh butir air hujan yang menempel pada mobil membuat cat mobil terlihat kusam dan cukup susah untuk mengembalikan cat mobil yang kusam.

Pencucian menggunakan lift hidrolis dapat menjadi solusi untuk membasmi permasalahan musiman tersebut, namun tidak disarankan untuk melakukan pencucian dengan lift hidrolis terlalu sering karena dapat membuat komponen suspensi mobil melemah.

Pada saat mobil diangkat, sistem suspensi dan kemudi mobil dalam kondisi menggantung dapat mengganggu kestabilan mobil karena spooring dan balancing dapat berubah. Mencuci mobil menggunakan lift hidrolis disarankan maksimal dua kali dalam sebulan.

“Musim penghujan ini memang menjadi momok bagi pemilik kendaraan. Tips mudah yang dapat dipraktekkan agar kendaraan Anda tetap terawat adalah luangkan waktu Anda untuk sekedar membasahi dan mengelap mobil 15 menit setelah mobil kehujanan," kata Umar.

Tips terakhir, rajinlah cek kebersihan engsel mobil, tepi bagasi, tepi pintu mobil, tepi kap mesin dan lainnya karena bagian-bagian inilah penyakit mulai mudah timbul mengingat air hujan atau bekas cucian sering tertinggal. (FHR/tajuk.co)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner