Kalsel Bisa Coba Ini, Air Selokan Disulap Jadi Pembangkit Listrik | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 29 Desember 2015

Kalsel Bisa Coba Ini, Air Selokan Disulap Jadi Pembangkit Listrik

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menghasilkan suatu alat yang bisa membangkitkan listrik dengan tenaga air dari selokan yang akan ditawarkan ke sejumlah pemerintah daerah. Bahkan temuan ini sudah dikembangkan sejak 2010 lalu.

Hal ini diungkapkan Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI. Pembangkit listrik tenaga air ini dapat menghasilkan 1-2 kilowatt listrik tiap unitnya.

Cara kerja alat ini sangat simpel dan hanya memerlukan saluran air sepanjang satu meter dengan kedalaman 20-30 cm.

Jika mengacu pada penggunaan lisrik kebanyakan masyarakat desa di tanah air, yaitu sekitar 50 watt per rumah, maka satu alat itu bisa memberi penerangan kepada 20 rumah.

Walaupun perhitungan yang digunakan adalah unit rumah, target utama teknologi itu sebenarnya adalah untuk lampu penerangan jalan di daerah-daerah.

Temuan itu diharapkan bisa meringankan beban Pemda, karena lampu penerangan jalan membutuhkan energi listrik yang cukup besar.

Contoh alat itu sudah dipasang di Kebun Raya Cibodas. LIPI menyanggupi bila ada permintaan untuk mengajarkan cara pembuatannya, seperti ke STM di daerah bekerja sama dengan dinas pendidikan setempat. Bahan yang diperlukan mudah didapat.

source: http://www.informatika.lipi.go.id
foto ilustrasi: (dok) youtube

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner