okeee

okeee

» » » Ternyata Kalsel Juga Pernah Digoncang Gempa

BERITABANJARMASIN.COM - Provinsi Kalimantan Utara, tepatnya Tarakan diguncang gempa 6,1 SR Senin (21/12/2015) dini hari. Meski banyak anggapan Kalimantan aman gempa, namun faktanya sudah beberapa kali gempa di Kalimantan. Bahkan di 2012 lalu, Kalimantan Selatan pun sempat terjadi gempa 4,8 SR.

Warga Kalimantan Selatan, khususnya Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan sekitarnya saat itu panik menyusul terjadinya guncangan gempa pada Selasa 4 Desember 2012. Maklum saja, Kalimantan merupakan wilayah yang jarang sekali terkena gempa.

Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana saat itu menyatakan, gempa terjadi pada pukul 09.13.31 WIB dengan kekuatan 4,8 SR. Pusat gempa di darat pada koordinat 2,46 LS dan 115,40 BT atau 15 km Barat Laut Hulu Sungai Tengah, pada kedalaman 11 km.

Sebagian masyarakat merasa heran karena Kalimantan dikelompokkan daerah aman gempa, namun kenyataannya terjadi gempa. Kalimantan memang jauh dari zona subduksi gempa, tetapi bukan berarti tidak akan pernah terjadi gempa.

Gempa 4,8 SR yang terjadi disebut gempa intraplate, yaitu gempa yang terjadi di dalam lempeng itu sendiri, yakni di lempeng Eurasia seperti dikutip dari vivanews.co.id.

image: tobasatu.com

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini