okeee

okeee

» » Keren! Unlam Bakal Wakili Indonesia Pada Kontes Mobil Hemat Energi Internasional

BERITABANJARMASIN.COM - Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) semakin berjaya dengan torehan prestasi. Terakhir, mahasiswa Unlam berhasil menyabet juara kedua secara nasional dalam kontes mobil hemat energi. Otomatis, Unlam berhak melaju ke kontes tingkat internasional.

Unlam sebagai universitas tertua yang ada di Kalimantan saat ini memiliki jumlah mahasiswa sekitar 20 ribu lebih. Dari jumlah sebanyak itu prestasi yang diraih oleh mahasiswa sudah mulai meningkat tiap tahun, baik dari prestasi akademik maupun non akademik.

Terbaru, mahasiswa Unlam menorehkan prestasi yang sangat membanggakan yang datang dari mahasiswa-mahasiswa Fakultas Teknik Mesin. Mereka meraih peringkat kedua dalam lomba membuat mobil ramah lingkungan dan hemat energi.

Wakil Rektor III Unlam,  Dr Abrani Sulaiman kepada beritabanjarmasincom membenarkan hal itu dan mengatakan saat ini mahasiwa Unlam sudah menorehkan banyak prestasi, baik dari prestasi akademik maupun non akademik, dari nasional maupun internasional.

Untuk mengapresiasi prestasi mahasiswa tersebut, pihak univesitas akan memberikan penghargaan untuk mahasiswa yang berprestasi dan mengharumkan nama Unlam. "Ada rencana untuk membebaskan biaya kuliah (SPP) selama satu semester, agar mahasiswa yang laing terlecut semangat agar bisa menorehkan prestasi juga," katanya kepada beritabanjarmasincom, Rabu (30/12/2015).

Seperti dikutip dari situs unlam.ac.id, kontes mobil hemat energi (KMHE) merupakan sebuah lomba mobil irit hemat energi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

KMHE yang populer dengan nama Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC), KMHE 2015 ini mengusung tema  Ignite to as sceud yang akan diadakan di stadion Kanjuruhan, Malang.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya KMHE adalah untuk mewadahi kreativitas mahasiswa seluruh Indonesia untuk merancang, membangun, menguji dan mengkompetisikan mobil hemat energi yang aman dan ramah lingkungan.

Wasaka team merupakan team yang berasal dari teknik mesin Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat. Team ini berhasil lolos dan satu-satunya menjadi wakil Kalimantan di ajang KMHE 2015. Nama wasaka sendiri diambil dari singkatan Waja Sampai Kaputing . Wasaka Team ini mengikuti KMHE di kelas prototype dengan kelas bensin.

Adapun data Wasaka Team : Apip Amrullah sebagai dosen pembimbing, Aulia Nafarin, Aulia Rahman, Handrico Ramelan P, Bagus Saputro, Pikri Eriyanto, M. Zaki dan Faisal Hasan. Dengan KMHE 2015 di harapkan kontes ini bisa menjadi pemicu mahasiswa untuk terus berkompetisi menciptakan produk unggulan berupa mobil yang handal dan kompetitif. [mfr/sip]

photo: unlam.ac.id

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini