okeee

okeee

» » Bahasa Hawaii Katanya Paling Unik di Dunia

Hawaii ternyata mempunyai hal unik dan menarik untuk diketahui, yaitu bahasanya. Tau gak, bahasa mana yang hurufnya paling sedikit? Jawabannya adalah bahasa Hawaii.

Bahasa Hawaii Menjadi Paling Unik Di Dunia Karena Hanya Menggunakan 12 Huruf/Alfabet Saja.
Bahasa Unik Di Dunia: Hawaii Hanya Menggunakan 12 Huruf Saja
Kebanyakan bahasa di dunia ini menggunakan huruf 26 yaitu: a,b,c,d,e,f,g,h,i,j,k,l,m,n,o,p,q,r,s,t,u,v,w,x,y,dan z.

Sedangkan seperti yang sudah dijeaskan diatas, bahasa Hawai hanya menggunakan 12 huruf saja, huruf apa sajakah itu? Keduabelas huruf tersebut adalah: a,i,u,e,o,h,k,l,m,n,p, dan w. Kalau diperhatikan huruf-huruf tersebut terdiri dari 5 huruf vokal dan sisanya 7 huruf konsonan.

Apakah dengan hanya memakai 12 huruf saja berarti belajar bahasa Hawai itu gampang? Menurut saya tidak. Karena akan ada banyak kata-kata yang sama penulisannya tapi beda arti.

Kebanyakan setiap suku kata pasti berakhiran huruf vokal, dan dua konsonan tidak pernah muncul berurutan.

Oke, itu adalah bahasa Hawai yang masih asli. Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang bahasa Hawai mempunyai 18 huruf. ( tetap saja masih unik, tidak sama dengan kebanyakan yang menggunakan 26 huruf ).

Bahasa Hawai modern sekarang ada  18 huruf yaitu: 5 normal vokal : Aa, Ee, Ii, Oo, Uu, 5 vokal dengan Macron (kahako); Āā, Ēē, Īī, Ōō, Ūū, dan 8 konsonan : Hh, Kk, Ll, Mm, Nn, Pp, Ww, ‘okina

Mereka menggunakan ‘okina untuk membedakan antara ko’u (saya) dan kou (anda). Pada tahun 1864, ‘okina mulai dikenal dan dimasukkan ke dalam alfabet Hawaii.

Dari 18 huruf tersebut cukup hanya diwakili oleh 12 huruf dari 26 huruf alfabet latin yang kita kenal saat ini.

source : bumirejo.com
image: maguzz.com

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini