Ini 'Surga' Wisata Air Kalsel, Air Terjun Panayar | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 01 November 2015

Ini 'Surga' Wisata Air Kalsel, Air Terjun Panayar

Inilah surga tersembunyi di Kalimantan Selatan, Air Terjun Panayar . Wisata alam ini pantas dijuluki demikian karena keindahannya yang jarang terjamah karena sulitnya menuju ke lokasi.

Air Terjun Panayar terletak di Desa Artain, Kecamatan Aranio. Dari Kota Martapura berjarak lebih kurang 30 kilometer. Perjalanan menuju ke Air Terjun Panayar ini dimulai dengan perjalanan darat, baik sepeda motor maupun mobil akan memakan waktu sekitar 30 menit.

Setelah itu dilanjutkan dengan memakai transportasi air, yaitu dengan perahu mesin atau kelotok. Perjalanan lewat sungaiini akan memakan waktu kurang lebih dua jam.

Eits, ini belum sampai, lho. Setibanya di Desa Artain, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak dengan waktu empat jam.
Jauh banget? Ya, memang jauh dan sulit menuju ke lokasi Air Terjun Panayar. Namun, perjalanan yang cukup melelahkan ini akan segera hilang begitu menyaksikan keindahan air terjun ini. Air jatuh bergemuruh dimuntahkan dari ketinggian 12 meter. Bentuknya laksana kipas terkembang, mengalir bening dan dingin diantara bebatuan alam disertai keindahan flora dan fauna. Tak berlebihan jika Air Terjun Panayar dijuluki sebagai surga tersembunyi Kalimantan Selatan.

Source:  kidnesia.com | teks: Wahyu | Foto: Disbudparpora Kalimantan Selatan

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner