okeee

okeee

» » » Bukit Langara, Wisata Alam Eksotis di Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Pilihan wisata di Kalimantan Selatan ternyata beragam loh. Kali ini ada wisata alam bukit Langara yang menawarkan pemandangan alam eksotis. Berikut tulisan yang kami kutip dari sobat kita, Lingga Pratama.

Bukit Langara Loksado, Kabupaten HSS Kalsel ini dalam beberapa tahun belakangan ini menjadi primadona bagi para wisatawan tidak hanya lokal tapi juga mancanegara. Kecamatan yang berada di Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan ini menawarkan berbagai macam keindahan alam yang tersembunyi di Pegunungan Meratus dan juga keragaman budaya lokal yaitu kebudayaan suku Dayak Meratus. Banyak tempat untuk menikmati alam Pegunungan Meratus. Salah satu tempat untuk melihat keindahan alam yang terdapat di Loksado adalah dari Bukit Langara.

Bukit Langara merupakan sebuah bukit berbatu yang terletak sekitar 10 km dari Kandangan yang merupakan ibukota dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan atau 160 km dari Kota Banjarmasin. Beberapa hari yang lalu saya bersama teman-teman berkesempatan untuk mengunjungi tempat ini. Setelah menempuh perjalanan selama 4 jam lebih dari Banjarmasin akhirnya kami tiba di Desa Lumpagi, Loksado. Ternyata untuk sampai ke atas bukit perlu sedikit perjuangan. Kami harus berjalan selama sekitar 30 menit melewati jalan setapak yang merupakan satu-satunya akses menuju atas bukit. Perjalanan menuju puncak bukit awalnya tidaklah sulit, setelah melewati jalan kampung kemudian menyeberang jembatan kami tiba di sebuah hutan jati. Dari sinilah kami harus mulai mendaki, pendakian menjadi sedikit sulit karena jalan yang kami ambil cukup curam dan juga licin. Untungnya ada bambu-bambu yang dipasang melintang untuk membantu berpegangan. Pendakian ini memakan waktu sekitar 20 menit hingga akhirnya kami tiba di puncak bukit yang dipenuhi bebatuan. Bebatuan yang mendominasi puncak bukit membuat kami harus berhati-hati dalam melangkah. Walau begitu bebatuan tersebut juga menjadi daya tarik bagi bukit ini.

Dari atas bukit ini kami bisa melihat sebagian kecil pemandangan alam Pegunungan Meratus yang membentang sepanjang ±600 km². Sungai Amandit yang membelah hutan tampak begitu indahnya sehingga menjadi pelepas penat setelah perjalanan yang cukup melelahka. Hutan yang sebagian besar masih alami menyihir setiap mata yang memandangnya.

Selain itu pemandangan Bukit Ketawang juga menambah keindahan panorama alam yang bisa dilihat dari Bukit Langara ini. Bukit berbatu tersebut tampak hijau oleh pepohonan yang menyelimutinya serta masih terjaga kealamiannya.

Setelah puas mengabadikan berbagai momen di atas bukit kami pun bergegas turun. Perjalanan turun tidak ada kendala yang berarti walau kami harus tetap berhati-hati karena licinnya tanah. Setelah berisirahat sejenak di hutan jati, kami sepakat untuk membersihkan badan dengan mandi di Sungai Amandit.

source: http://m.kompasiana.com/linggapratama/mengintip-keindahan-pegunungan-meratus-dari-bukit-langara_55807438509773ac146cd0e7

Foto: http://paketwisatakalsel.blogspot.co.id |
Apache Trip Organizer

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini