Jika Air PDAM Asin, Warga Banjarmasin Bisa Coba Ini | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 26 Oktober 2015

Jika Air PDAM Asin, Warga Banjarmasin Bisa Coba Ini

BERITABANJARMASIN.COM - Karena kemarau, bahan baku air bersih susah didapat oleh PDAM. Tak jarang air PDAM terasa agak asin di Banjarmasin dan tentunya kurang bagus untuk dikonsumsi. Jika sudah begini, anda bisa mencoba cara sederhana di bawah ini untuk membuat air asin menjadi tawar.

Air bersih bisa dihasilkan dari proses distilasi didapatkan dengan jalan melakukan penguapan terhadap air sumber / air baku. Cara ini efektif untuk menghilangkan garam yang menyebabkan rasa asin pada air. Ada dua cara sederhana dalam membuat alat distilasi air ini, yakni menggunakan kompor.

Stove-top still merupakan model sederhana untuk alat distilasi dengan menggunakan kompor. Pertama-tama kompor memanaskan air yang ada sebuah belanga. Pemanasan tersebut akan menghasilkan uap panas yang akan dipakai untuk memanaskan belanga kedua yang berisi air sumber yang nantinya akan berisi air bersih. Pemanasan pada belanga kedua juga akan memicu munculnya uap air dari air sumber. Butiran-butiran uap air ini akan tertahan poleh membran plastik dan akhirnya akan jatuh pada wadah air bersih yang terletak ditengah-tengah belanga kedua. Untuk lebih lengkapnya lihat gambar dibawah.

Adapun cara yang kedua adalah menggunakan sinar matahari untuk menghasilkan uap air. Butiran uap-uap air tersebut kemudian akan tertahan pada kaca tembus pandang. Setelah butiran semakin banyak, maka akan berubah menjadi tetesan air yang akan ditahan oleh palung/talang air yang akan mengarahkan butiran air ke dalam wadah untuk penampungan air bersih.

Source: http://aimyaya.com/id/teknologi-tepat-guna/distilasi-cara-sederhana-mendapatkan-air-bersih-dari-air-laut-air-asin/

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner