Minggu, 27 September 2015

Mengapa Kode Plat Kendaraan Kalsel DA, Bukan KS?

BERITABANJARMASIN.COM - Mungkin kita akan bertanya-tanya mengapa kode plat awal kendaraan di Kalsel adalah DA, bukan KS. Padahal Kalteng kode platnya KH, Kaltim dengan KT dan Kalbar menggunakan KB sebagai kode plat. Kenapa ya?

Konon katanya, kode DA sudah ada sebelum pembagian provinsi di Kalimantan seperti sekarang ini. Dulu Kalimantan belum dibagi menjadi Kalsel, Kalteng, Kaltim dan Kalbar, lalu belakangan ada Kaltara.

Nah, saat itu baru ada Kalimantan sebagai sebuah kesatuan, lalu diberilah kode plat DA. Kemudian setelah ada pembagian provinsi, Kalteng, Kaltim dan Kalbar memiliki kode plat tersendiri. Kalsel dengan ibukota Banjarmasin tetap dengan kode plat DA.

Begitu sih informasi yang kami kumpulkan dari berbagai sumber. Namun ada pula yang mengatakan kalau DA itu adalah singkatan daerah air. Sebab Banjarmasin banyak sungai.

Ya, jika anda ada koreksi atau sumber yang lebih valid, boleh lah di share. Mudahan ini bisa sedikit mengobati rasa penasaran anda. Mengapa plat Kalsel itu DA bukan malah KS. [rws]
  1. DA = Kalimantan (Borneo)
    DB = Sulawesi Utara,
    DC = Sulawesi Barat,
    DD = Sulawesi Selatan,

    BalasHapus
  2. A B C D
    merupakan awalan plat nomor untuk kota2 besar indonesia

    BalasHapus

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only