okeee

okeee

» » Minuman Fenomenal Martapura ini Laris Manis di Bulan Puasa

BANUAONLINE.COM –  Jelang Ramadan, ada sebuah minuman tradisional khas Martapura yang fenomenal. Minuman ini akan semakin banyak saat Ramadan tiba. Bahkan saking fenomenalnya, sang pembuat bisa menghabiskan 10 Ton Gula pasir! Kebayang gak? Berikut laporannya dikutip dari /tpmkalimantan.wordpress.com.

Ada sebagian orang mengisi bulan Ramadhan dengan beribadah dan bertawadhu kepada Allah SWT dan menikmati hasil dari usahanya dalam mencari rezeki dan penghasilan selama 11 bulan di luar bulan Ramadhan. Lain halnya yang dilakukan Abdul Sani, ia menjadikan bulan Ramdhan sebagai bulan yang penuh rezeki dan menambah penghasilan yang dapat keuntungan dan dinikmati selama 11 bulan kedepan.

Mungkin bagi masyarakat Kabupaten Banjar atau Kalsel nama Abdul Sani tidak akan membuat kesan mendalam di kepala masing masing warga bahkan mungkin banyak yang akan mengatakan tidak kenal.
Namun hal ini akan berbeda jauh kalau nama Abdul Sani di kaitkan dengan Temu Lawak (Curcuma xanthorrhizae) dan Bulan Puasa, semua masyarakat kabupaten Banjar dan Kalsel pasti akan serta merta dengan setuju menyatakan bahwa Sani Temu Lawak adalah yang terbaik.
Kenapa tidak, temu lawak Sani merupakan sebuah jaminan mutu dan kualitas dari minuman yang pada bulan puasa menjadi minuman primadona masyarakat karena rasa dan khasiatnya.
Bahkan saking ngetopnya, temu lawak Sani di beberapa pelosok pasar atau tempat ada yang menggunakan namanya pada dagangan mereka dengan maksud dagangan mereka lebih laris.
Yah… memang tidak dapat di pungkiri temu lawak Sani seakan bermetaforsis dengan bulan puasa menjadi minuman yang harus hadir di saat berbuka puasa, sehingga temu lawak Sani selalu laris manis diserbu oleh warga.
Siapakah Abdul Sani? Pria yang usianya sudah lebih dari separo abat ini menjalankan usaha rutinnya selama bulan Ramadhan sambil beribadah dengan cara membuat Air Temu Lawak yang dibuat menjadi minuman yang beraroma khas dan dipercaya dapat menambah ketahanan stamina selama berpuasa dan baik utuk kesehatan.
Abdul Sani menjelaskan, usaha rumah tangga dan kecil-kecilan ini ditekuninya sejak tahun 1976 dimulai dari ketertarikannya untuk memberdayakan tumbuhan tamu lawak sebagai minuman yang berkhasiat sebagai minuman penambah staminan diwaktu pusa dan pengobatan bagi para penderita penyakit maag.
“Pada awalnya usaha ini hanya bersifat coba-coba namun setelah banyak dikenal orang khususnya masyarakat kabupaten Banjar maka usaha saya makin berkembang, sampai saat ini saya selama bulan Ramadhan menghabiskan 10 ton gula pasir dan 1 ton tamu lawak,” ungkapnya.
Menurutnya, dalam sehari ia berhasil menjual ratusan jiregen yang dipesan atau pembeli yang datang langsung kerumahnya.
Sedangkan untuk masalah pemasaran Sani tidak lagi bersusah payah untuk memasarkan hasil usahanya karena kebanyakan dari para pembeli datang langsung ketempat pembuatan temu lawak dirumahnya.
Kebanyakan dari para pembeli menggunakan jiregen ukuran 30 liter dan kembali dikemas kedalam botol atau bungkus plastik untuk kembali dijual kepasar .M Rifhan Risani,SPi

About kalsel suara

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini