Jabar Targetkan Jadi Provinsi Bebas Putus Sekolah, Lalu Kalsel Kapan? | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 19 Mei 2015

Jabar Targetkan Jadi Provinsi Bebas Putus Sekolah, Lalu Kalsel Kapan?

BERITABANJARMASIN.COM – Jawa Barat menargetkan menjadi provinsi bebas putus sekolah. Target tersebut disampaikan langsung Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan usai meninjau pelaksanaan Ujian Nasional di SDN Banjarsari dan SDN Merdeka Bandung, Senin (18/05) kemarin.


“Jabar akan segera kita programkan menjadi Provinsi yang bebas putus sekolah," sambungnya.
Aher mengemukakan, saat ini jumlah peserta didik Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah terhitung paling tinggi dibanding peserta didik tingkat setelahnya. Dia mengungkapkan, peserta ujian SD/MI tahun 2015 ini jumlahnya mencapai 872.354 siswa, termasuk siswa SD, MI, SDLB dan Paket A. Aher berharap akan ada peningkatan daya tampung yang memadai di tingkat SMP dan SLTA.

“Kita harapkan seluruh lulusan SD dapat ditampung di SMP seluruhnya. Demikian juga dengan lulusan SMP dapat ditampung di SLTA seluruhnya,” lanjut dia seperti dikutip dari laman Tajuk.co.

Terkait dengan pelaksanaan UN tingkat SD/MI, Aher yakin pelaksanaannya di Jawa Barat tidak akan ada masalah, karena soal ujian dibuat dan dicetak oleh pihak provinsi. Soal-soal ujian dibuat berbeda tiap siswa di kelas, sehingga tidak akan ada contek-mencontek antarsiswa.
Selain itu, pengawas ujian disilang antar sekolah guna menurunkan peluang kecurangan.
Meski demikian, Aher tetap menekankan bahwa evaluasi tetap harus dilakukan. Pelaksanaan ujian harus diawasi pemerintah pusat, agar pihak provinsi tidak lalai.
“Evaluasi tetap harus dilakukan nanti setelah selesai," ungkapnya.Pemerintah pusat tetap mengawasi, supaya kami (Pemerintah Provinsi) tidak melakukan kesalahan dan kelalaian,” ujarnya lagi.

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner