Mengenal Batu Bacan Obi Asal Maluku | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 27 April 2015

Mengenal Batu Bacan Obi Asal Maluku

BANUAONLINE.COM - Batu Obi adalah jenis batu akik atau permata asal pulau obi Halmahera Maluku Utara berkualitas dan memiliki potensi besar sebagai permata berkualitas internasional, mengingat batu permata yang dihasilkan dari penambangan masyarakat setempat saat ini.

google
Menurut Muhammad Bakri salah seorang investor, bahwa batu obi yang saat ini ditambang masyarakat setempat masih dianggap sebagai kulit batuan mulia dan belum masuk pada inti batu mulia yang sebenarnya.  
Dengan demikian jika batuan mulia yang saat ini banyak ditemukan masih berupa kulit dari batuan mulia, berarti ada inti batu mulia obi yang berkualitas sangat baik sehingga berpotensi besar untuk menjadi salah satu batu mulia primadona dipasaran internasional.

Sebenarnya saat ini jenis batu ini telah menjadi incaran banyak kolektor manca negara bahkan harga batu obi telah mengalami kenaikan walaupun masih belum mengalahkan jenis batu bacan doko yang seringkali menjadi incaran banyak penghobiSelama ini Halmahera memang sudah dikenal dengan penghasil batu permata bertaraf internasional seperti Batu Bacan doko atau palamea bahkan batu ini telah menjadi salah satu batu permata terkenal asal Indonesia. Di Korea batu ini dikenal dengan nama Green Jade dan masuk jajaran batu berharga tinggi di pasaran internasional

Dari banyak informasi kedua jenis batu ini antara batu obi atau juga dikenal dengan sebutan batu bacan obi memiliki ciri dan karakter berbeda meskipun kedua batu tersebut ditemukan di wilayah yang sama. 

Batu bacan misalnya, memiliki daya tarik tersendiri bagi para kolektor karena dipercaya oleh sebagain pencinta batu sebagai batu bernyawa, karena semakin lama batu ini disimpan akan semakin berkualitas dan warna akan berubah dan mengkristal secara alami.

Berbeda dengan batu bacan obi yang tidak bisa mengalami perubahan warna meskipun sudah disimpan lama, namun demikian batu ini termasuk batu dengan harga tinggi untuk ukuran sebesar batu cincin bisa mencapai harga diatas Rp. 2 juta bakan mungki saat ini harga semakin tinggi mengingat tingginya permintaan batu permata di pasaran baik lokal maupun manca negara. [bnc]

sumber: http://www.akiks.com/mengenal-batu-bacan-obi-asal-maluku/

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner