okeee

okeee

» » Ini Mekanisme UN Online Tak Pakai Internet

BANUAONLINE.COM - Agenda Ujian Nasional online disebut tidak terhubung dengan internet melainkan LAN (Local Area Network). Meski tersemat iming-iming “online” UN yang ada dalam praktiknya tidak menggunakan koneksi internet.

Menurut Kepala Pusat Penilaian Pendidikan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengonfirmasi jika sedianya “judulnya” bukan UN online melainkan UN berbasis komputer. “Ini ‘judulnya’ bukan online sebetulnya, tapi UN berbasis komputer. Ya para murid mengerjakan soal UN menggunakan komputer sekolah,” jelasnya.

Dikatakan Nizam, cara pengerjaan UN tersebut kemudian bernama Ujian Nasional Computer Based Test (UNCBT). Komputer tidak terhubung dengan internet melainkan memakai jaringan sekolah (LAN). Local Area Network adalah sebuah jaringan yang menghubungkan sejumlah komputer di area tertentu.

foto by tajuk.co
Diketahui, komputer sekolah kemudian dihubungkan dengan server khusus yang disiapkan sebelumnya dan server ini juga terletak di sekolah untuk memudahkan pengawasan. “Tiga hari sebelum UN, pihak sekolah sudah bisa mulai mengunduh soal ujian dari server pusat. Tentu proses ini butuh internet,” lanjut Nizam.

Koneksi internet juga dipakai saat sekolah mengirim jawaban siswa dari server ke server pusat. Saat UN berlangsung siswa hanya menginput nomor peserta yang telah dibagikan kemudian login dengan password yang diberikan oleh pengawas pusat.
“Soal-soal UN sudah dienkripsi jauh-jauh hari sebelum akhirnya bisa diunduh mulai Jumat (10/4) lalu (kemarin-red). Begitu pun saat sekolah mengirim kembali jawaban siswa, data tersebut juga sudah dienkripsi,” pungkasnya. (DWI/tajuk)

About kalsel suara

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini