okeee

okeee

» » HOS Tjokroaminoto Singgahi Banjarmasin Sebelum Wafat

BERITABANJARMASIN.COM - Tidak banyak yang mengetahui, bahwa tokoh guru bangsa HOS Tjokroaminoto sempat singgah ke Banjarmasin sebelum menghembuskan nafas terakhir pada tahun 1934 lampau.

Tjokroaminoto meninggal di Yogyakarta pada 17 Desember 1934 pada usia 52 tahun. Ia dimakamkan di TMP Pekuncen, Yogyakarta, setelah jatuh sakit sehabis mengikuti Kongres Sarekat Islam di Banjarmasin. HOS Tjokroaminoto hingga saat ini akhirnya dikenal sebagai salah satu pahlawan pergenakan nasional yang berbasiskan perdagangan, agama, dan politik nasionalis. 

Salah satu trilogi darinya yang termasyhur adalah Setinggi-tinggi ilmu, semurni-murni tauhid, sepintar-pintar siasat. Ini menggambarkan suasana perjuangan Indonesia pada masanya yang memerlukan tiga kemampuan pada seorang pejuang kemerdekaan. Trilogi tersebut akhirnya menjadi embrio pergerakan para tokoh pergerakan nasional yang patriotik dan ia menjadi salah satu tokoh yang berhasil membuktikan besarnya kekuatan politik dan perdagangan Indonesia. (bnc)

About kalsel suara

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini