okeee

okeee

» » » Gedung Syarikat Islam Tempo Dulu ada di Barabai

BERITABANJARMASIN.COM - Gedung Syarikat Islam tempo dulu sampai saat ini masih bisa ditemukan di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Seperti apakah gedung tersebut dan siapa yang membangunnya?


Bangunan Syarikat Islam di Barabai,HST,Kalsel
Tidak banyak informasi yang bisa didapat mengenai bangunan yang bersejarah ini, namun kabarnya gedung tersebut dibangun salah satunya oleh Habib Alwi bin Abdullah bin Alwi bin Syekh Al-Habsyi. 

Lahir di Hadramaut, Yaman. Menurut anak beliau yang bernama Habib Abdullah, Habib Alwi lahir pada tahun 1865. Habib Alwi dari Hadramaut memilih Barabai sebagai tempat tinggal tetap setelah sempat bermukim beberapa tahun di Banjarmasin . 

Habib Alwi menikah pertama kali di Banjarmasin dengan Syarifah Raguan binti Syekh Al-Habsyi. Dengan istrinya Habib Alwi masih bersaudara dekat karena mereka sama-sama cucu dari Habib Alwi bin Syekh Al-Habsyi. "Tahun 1917-an, Habib Alwi di Banjar sudah mempunyai 3 anak," ujar Habib Agil bin Salim Bahsin, cucu Habib Alwi. 

Ketika tinggal di Banjarmasin , Habib Alwi adalah pejabat Kapten Arab pengganti Habib Hasan bin Iderus Al-Habsyi (Habib Ujung Murung). Habib Alwi tinggal di kawasan Ujung Murung. Habib Alwi pindah ke Barabai setelah menikah di sana dengan seorang perempuan asal Nagara- Banua Kupang bernama Hj Masrah. 

Belakangan Habib Alwi juga menikah dengan perempuan Kandangan bernama Masjam. Sejak melepaskan kedudukan sebagai Kapten Arab*, Habib Alwi berdomisili di Barabai. 

Namun masyarakat tetap memperlakukannya sebagai orang istimewa karena latar belakang dan jasa-jasanya. Jasa terbesar Habib Alwi bagi daerah Hulu Sungai terutama Barabai adalah kepeloporan beliau dalam membangun perkebunan karet secara besar-besaran di Barabai. 

sumber: http://catatansinalinali.blogspot.com/2013/01/habib-alwi-bin-abdullah-bin-alwi-bin.html

About kalsel suara

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini