okeee

okeee

» » Wow, Tunjangan Komunikasi Dewan Rp5,9 Miliar

BANUAONLINE.COM - Selain mendapatkan gaji bulanan, para wakil rakyat di DPRD Kalimantan Selatan ternyata juga mendapatkan tunjangan komunikasi yang cukup fantastis. Tunjangan komunikasi intensif pimpinan dan anggota DPRD Kalsel mencapai total Rp5.940.000.000 pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalimantan Selatan 2015.

Hal ini cukup menjadi sorotan, karena selama ini para anggota DPRD Kalimantan Selatan lebih banyak melakukan kunjungan kerja ke luar daerah, di awal masa jabatannya. Komunikasi macam apa yang dijalankan para wakil rakyat ini dengan dana sebanyak itu belum ada pertanggungjawaban yang jelas.
Jumlah anggaran Rp5,9 Miliar tersebut, jika dibagi rata 55 anggota DPRD Kalimantan Selatan, maka masing-masing akan mendapat sekitar Rp7 Juta per bulan. Dengan dana tersebut, para anggota dewan bisa memanfaatkannya untuk menjalin komunikasi dan menyerap aspirasi dari masyarakat.
Google
Pengamat kebijakan publik, dari Universitas Islam Kalimantan (Uniska), Nasrullah mengatakan, dengan dana sebanyak itu, anggota dewan harus lebih rajin menyerap aspirasi dari masyarakat. Apalagi tunjangan komunikasi tersebut diberikan dari uang rakyat melalui APBD Kalimantan Selatan. "Sebagai bentuk tanggungjawab, maka anggota dewan harus menggunakan dana tersebut sebaik mungkin untuk menyerap aspirasi masyarakat," kata Nasrullah (1/2015).
Menurutnya, dana tunjangan komunikasi memang belum ada diatur pertanggungjawaban penggunaannya. Karena dana tersebut bisa saja tak digunakan sepenuhnya untuk komunikasi. Sehingga ini membuka celah tidak maksimalnya komunikasi yang dibangun antara wakil rakyat dengan masyarakat. "Kan tak ada keharusan anggota dewan melaporkan penggunaan tunjangan komunikasi," ujarnya.
Sementara itu, aktivis kepemudaan dari Persatuan Pemuda Nasional (PPN) Kalimantan Selatan, Matrosul mengatakan, para anggota dewan harus lebih maksimal lagi bekerja. Apalagi dengan gaji dan tunjangan yang sudah banyak didapat dari uang rakyat. Ia meminta para wakil rakyat di DPRD Kalimantan Selatan, lebih menunjukkan kinerja positif. "Kalau sudah dapat tunjangan macam-macam, gak alasan lagi bekerja gak maksimal. Kalau bisa jangan terlalu banyak kunjungan kerja ke luar daerah lah, masih banyak urusan daerah yang belum selesai," cetusnya.
Sekedar informasi, dalam APBD Kalimantan Selatan 2015, pada  belanja pegawai dalam kelompok belanja tidak langsung pada pos DPRD berjumlah Rp18.450.758.000 yang antara lain diuraikan pada kode rekening 1.20.1.20.01.0000.00.5.1.1.01.18 berupa uang jasa pengabdian Rp349.900.000. Kemudian 1.20.1.20.01.0000.5.11.03.01 tunjangan komunikasi intensif pimpinan dan anggota DPRD sebesar Rp5.940.000.000. (stp/mb)

Terimakasih sudah mengunjungi BANUAONLINE.COM.
Follow twitter kami di @banuaonline untuk update berita terbaru.

BACA JUGA 

Kisah Pemuda Banua yang Dicintai Anak Jalanan, Siapa Dia? >> http://www.banuaonline.com/2014/12/kisah-relawan-anak-jalanan-kalsel.html 

H Muhidin Mau Pulau Kembang Loh! >> http://www.banuaonline.com/2015/01/muhidin-inginkan-pulau-kembang.html 

2015, Sebagian Wilayah Kalsel masuk Kalteng? >> http://www.banuaonline.com/2014/12/sebagian-kalsel-bakal-masuk-wilayah.html

Wisata Unik Labirin Tanah Laut >> http://www.banuaonline.com/2014/11/wisata-unik-labirin-pelaihari.html

About kalsel suara

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini