okeee

okeee

» » Tunjangan Rumah Dewan Kalsel Rp107 Juta

BANUAONLINE.COM - Meskipun anggota DPRD Kalimantan Selatan sudah mempunyai rumah pribadi, tetap diberi jatah Rp 107.400.000 setahun untuk tunjangan perumahan. Ajaibnya lagi, tak ada kewajiban anggota dewan untuk melaporkan penggunaan tunjangan tersebut, apakah memang untuk rumah atau tidak.


Kepala Bagian Keuangan Sekretariat DPRD Kalimantan Selatan, Hj Rusida menjelaskan, jumlah tersebut sudah sesuai dengan aturan dan memang tak diharuskan untuk ada laporan pertanggungjawaban. "Tiap anggota dewan mendapatkan tunjangan perumahan Rp 8.925.000 tiap bulan, dalam setahun totalnya Rp107 juta," kata Hj Rusida beberapa waktu lalu.

Meskipun anggota DPRD Kalimantan Selatan sudah memiliki rumah pribadi, tetap mereka diberi tunjangan perumahan. Namun ada kecuali, bagi pimpinan DPRD Kalimantan Selatan yang mendapat rumah dinas tak akan mendapat tunjangan perumahan. 

Seperti Ketua DPRD Kalimantan Selatan saat ini, Hj Normiliyani, karena sudah mendapatkan fasilitas rumah dinas, maka tak ada tunjangan perumahan bagi dirinya. "Kalau sudah mendapat rumah dinas, tak bisa menerima tunjangan perumahan lagi," tambahnya.

Lalu jika seandainya uang sebanyak Rp 107 juta itu tak digunakan untuk perumahan karena anggota dewan sudah memiliki rumah, akan digunakan untuk apa? Mengenai itu, Hj Rusida mengatakan hal tersebut tergantung dari masing-masing anggota dewan. Tugas sekretariat hanya menyerahkan tunjangan sesuai aturan yang ada. "Pokoknya meski sudah punya rumah, kecuali rumah dinas, tetap mendapat tunjangan perumahan," kata dia.

Selain mendapat tunjangan perumahan, ternyata wakil rakyat di DPRD Kalimantan Selatan mendapat tunjangan jabatan sebesar Rp 39.150.000 setahun, dan tunjangan beras Rp 3,3 juta setahun. Jika ditotal dengan gaji pokok dan semua tunjangan, maka penghasilan anggota dewan dalam sebulan Rp 23.354.140. Tentu bukan jumlah yang sedikit.

Sekedar informasi, para wakil rakyat di DPRD Kalimantan Selatan ternyata juga mendapatkan tunjangan komunikasi yang cukup fantastis. Tunjangan komunikasi intensif pimpinan dan anggota DPRD Kalsel mencapai total Rp5.940.000.000 pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalimantan Selatan 2015.

Jumlah anggaran Rp5,9 Miliar tersebut, jika dibagi rata 55 anggota DPRD Kalimantan Selatan, maka masing-masing akan mendapat sekitar Rp7 Juta per bulan. Dengan dana tersebut, para anggota dewan bisa memanfaatkannya untuk menjalin komunikasi dan menyerap aspirasi dari masyarakat. (stp/mb)

Baca terus BANUAONLINE.COM, follow twitter @banuaonline.

BACA JUGA
JANUARI, KALSEL WASPADA BANJIR >> http://www.banuaonline.com/2014/12/kalsel-waspada-banjir-januari-2015.html

GELANG SIMPAI DAYAK MERATUS KALSEL LUAR BIASA >> http://www.banuaonline.com/2014/12/melihat-pembuatan-gelang-simpai-dayak.html

WISATA UNIK LABIRIN TANAH LAUT >> http://www.banuaonline.com/2014/11/wisata-unik-labirin-pelaihari.html


Kisah Pemuda Banua yang Dicintai Anak Jalanan, Siapa Dia? >> http://www.banuaonline.com/2014/12/kisah-relawan-anak-jalanan-kalsel.html 

H Muhidin Mau Pulau Kembang Loh! >> http://www.banuaonline.com/2015/01/muhidin-inginkan-pulau-kembang.html 

2015, Sebagian Wilayah Kalsel masuk Kalteng? >> http://www.banuaonline.com/2014/12/sebagian-kalsel-bakal-masuk-wilayah.html


About kalsel suara

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini