okeee

okeee

» » » » Ini Perlu Diketahui Sebelum ke Bukit Telettubies

Tiba-tiba saja tempat ini menjadi ramai dikunjungi. Seolah menemukan permata terpendam, bukit yang indah ini menjadi sasaran para wisatawan lokal dan luar daerah Kalimantan Selatan. Katanya bukit ini mirip dengan bukit yang ada di program tayangan anak Telettubies di televisi pada sekitar tahun 2000-an lalu.

Mendadak Ramai Dikunjungi Karena Heboh di Sosmed

Keindahan alam Kalimantan Selatan ternyata kian hari semakin terungkap. Kini bertambah lagi satu objek wisata alam yang indah. Banyak pengunjung menyebutnya bukit Telettubies karena bentuknya agak mirip dengan bukit-bukit yang ada di tayangan anak legendaris tersebut. Nama bukit ini adalah bukit rimpi.

Bukit yang indah ini, berada di Desa Tampang, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Banyak pengunjung dari berbagai pelosok banua berdatangan ke bukit rimpi ini. Rata-rata mereka ber-selfie ria dengan latar belakang bukit yang hijau seperti hamparan permadani.

Salah satu wisatawan lokal yang berkunjung, Putra Harkitnas mengaku jauh-jauh datang dari Martapura Kabupaten Banjar hanya untuk membuktikan keindahan bukit rimpi yang heboh dibicarakan di media sosial seperti facebook dan twitter. Ia mengaku puas dan takjub dengan pemandangan alam hamparan bukit yang hijau. “Benar-benar bagus, sebelumnya di Kalimantan Selatan belum ada tempat wisata alam seperti ini. Masih baru dan asri, hijau menyejukkan mata dan hati,” kata Putra (9/01/2015).

Namun jika anda berkunjung ke sini, siap-siap saja membawa payung dan jas hujan. Karena tak ada tempat berteduh yang dibangun di sini. Maklum saja, tempat ini masih baru dan nampak belum dikelola dengan baik. “Saya sih khawatir, tempat sebagus ini nanti malah rusak, karela ulah oknum pengunjung yang buang sampah sembarangan dan tidak menjaga kelestarian alam. Kan sayang banget ya, kalau ini rusak, hanya karena gak dirawat sama pemkab setempat,” tutur dia.

Kalau kita menempuh perjalanan dari Banjarmasin, maka akan memakan waktu sekitar dua jam perjalanan. Jika dari kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, kita akan menempuh perjalanan sekitar 30 menit untuk bisa sampai di bukit rimpi. Sebelum ke sini, ada baiknya anda membawa bekal makanan, atau makan dulu di kota Pelaihari. Karena di sini hanya ada orang berjualan pentol dan minuman. Belum ada penjual makanan berat untuk makan siang.

Menurutnya, tempat wisata bukit rimpi tersebut nampak tidak dikelola dengan baik oleh pemerintah Kabupaten setempat. Terbukti, yang mengelola adalah warga sekitar, dengan perawatan seadanya. “Waktu masih sedikit yang datang, saya lihat fotonya di media sosial masih sangat hijau sekali. Tapi saat saya datang memang sudah mulai ada yang rusak rumputnya, bahkan sampah ada saja yang berserakan,” jelasnya.
Untuk bisa menuju ke bukit rimpi itu pun, ujarnya, harus melewati jalan yang kurang mulus dan berbecek. Akses jalan ke tempat wisata yang begitu bagus tersebut harus terkendala dengan akses jalan yang buruk. “Wah jalannya becek dan tidak beraspal,” ucap Putra.

Tingginya antusias dari pengunjung, memunculkan kekhawatiran baru. Akankah bukit yang kadang juga dijuluki sepenggal "surga" di bumi Kalimantan Selatan ini akan hilang keasriannya. Karena tanpa perawatan yang memadai, bukit  ini akan penuh sampah dari pengunjung, dan rerumputannya akan rusak. Oleh karena itu, bagi yang berniat mengunjungi bukit ini, yuk sama-sama jaga kebersihannya, dan jangan buang sampah sembarangan. Jaga keindahan alam Kalimantan Selatan. (stp/mb)

Sekedar saran

JARAK TEMPUH DARI BANJARMASIN : DUA JAM PERJALANAN
SIAPKAN PAYUNG DAN JAS HUJAN
BAWA KANTONG PLASTIK UNTUK MENYIMPAN SAMPAH
JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN


Baca terus BANUAONLINE.COM, follow twitter @banuaonline.

BACA JUGA
JANUARI, KALSEL WASPADA BANJIR >> http://www.banuaonline.com/2014/12/kalsel-waspada-banjir-januari-2015.html

GELANG SIMPAI DAYAK MERATUS KALSEL LUAR BIASA >> http://www.banuaonline.com/2014/12/melihat-pembuatan-gelang-simpai-dayak.html

WISATA UNIK LABIRIN TANAH LAUT >> http://www.banuaonline.com/2014/11/wisata-unik-labirin-pelaihari.html


Kisah Pemuda Banua yang Dicintai Anak Jalanan, Siapa Dia? >> http://www.banuaonline.com/2014/12/kisah-relawan-anak-jalanan-kalsel.html 

H Muhidin Mau Pulau Kembang Loh! >> http://www.banuaonline.com/2015/01/muhidin-inginkan-pulau-kembang.html 

2015, Sebagian Wilayah Kalsel masuk Kalteng? >> http://www.banuaonline.com/2014/12/sebagian-kalsel-bakal-masuk-wilayah.html
 

About kalsel suara

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini