Balangan Bakal Digulung Tambang? | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 15 Januari 2015

Balangan Bakal Digulung Tambang?

BANUAONLINE.COM - Mayoritas Kabupaten Balangan dikabarkan merupakan daerah kuasa pertambangan milik perusahaan tambang. Sehingga bisa dengan seenaknya menggusur satu desa, sekolah dan fasilitas publik. Apakah benar Kabupaten Balangan bakal "digulung" tambang karena nyaris semua daerahnya memiliki potensi tambang yang bernilai tinggi?

Patut diketahui, potensi pertambangan yang tersedia di Kabupaten Balangan sangat berlimpah. Potensi pertambangan di Kabupaten ini meliputi marmer, phospat, kaolin, gambut, lempung, emas, batu gamping dan batu bara. Pertambangan yang tersedia untuk dikembangkan adalah bijih besi.
Diam-diam, masalah ini ternyata dikhawatirkan oleh Komisi III DPRD Kalimantan Selatan yang membidangi infrastruktur dan energi. Komisi III DPRD Kalimantan Selatan khawatir Kabupaten Balangan, kelakn akan menjadi daerah yang terlumat pertambangan. Sehingga tak ada ruang bagi masyarakat pada akhirnya.

Apalagi beberapa waktu lalu, satu desa di Kabupaten Balangan, pernah digusur. Satu desa dengan jumlah warga 300 orang terpaksa pindah, hanya karena desa tersebut akan dijadikan lahan tambang batubara.

Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Selatan akan mempertanyakan masalah ini kepada Bupati Kabupaten Balangan dan DPRD Kabupaten Balangan. "Balangan ini ke depan mau jadi seperti apa? Apakah akan digulung tambang. Sekarang saja satu desa, sekolah dan fasilitas publik dengan mudahnya digusur tambang," kata Riduansyah, anggota Komisi III DPRD Kalimantan Selatan.
 
Menurutnya, Komisi III juga akan mempertanyakan, kenapa sampai ada rencana penggusuran sekolah dan fasilitas kesehatan untuk masyarakat. Hal ini sangat melukai perasaan masyarakat. Karena keberadaan perusahaan tambang harusnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Balangan, bukan malah main gusur seenaknya. "Kami di Komisi III menolak penggusuran sekolah di Balangan dan akan segera meminta perusahaan tambang menghentikan rencana tersebut," cetusnya.

Dikatakannya, hal seperti ini harusnya tak terjadi di Kabupaten Balangan. Penggusuran demi penggusuran lahan, dan fasilitas publik untuk masyarakat telah dilakukan seolah "membabibuta" dengan alasan pengembangan tamban batubara. Jika ini terus dibiarkan, tentu masyarakat yang menjadi korban. "Harus segera dicarikan solusi mengenai ini," tambahnya.

Sebelumnya, Rektor Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Prof Sutarto Hadi sangat menyayangkan rencana penggusuran enam sekolah dasar negeri (SDN) di Kabupaten Balangan oleh perusahaan tambang.
Ia menilai itu tidak boleh terjadi. Jika itu terjadi, maka hal tersebut merupakan ironi yang menyedihkan di zaman perkembangan ilmu pengetahuan seperti saat ini.

Selain itu Prof Sutarto Hadi yang juga pakar pendidikan Kalimantan Selatan sangat mengecam rencana penggusuran sekolah tersebut, apalagi dilakukan oleh perusahaan tambang. “Itu tidak boleh terjadi, kita ini kan tidak hanya mengejar kepentingan ekonomi dan materi saja. Sebagai sebuah bangsa kita harus mengembangkan sumber daya manusia (SDM),” kata Prof Sutarto Hadi. (stp/mb)

  1. Mungkin kalsel perlu berbenah ya dari pada terus mengharapkan penghasilan dari pertambangan melulu masih bnyak potensi kalsel yg harus dioptimal kan ,beberapa diantara nya kemaritiman,parawisata,pertanian peternakan perindustrian,kira nya itu perlu dikaji lebih dalam lg pasal nya pertambangan bisa habis contoh nya seperti kayu dulu dimasa keemasan nya namun sekarang apa yg didapat msyarakat,dan perlu juga disiapkan perencanaan untuk pembangunan secara matang jauh 2 sebelum dimulai nya pembangunan itu,seperti contoh pembebasan lahan bandara ,sebab dengan perencanaan itu tidak menghambat pembangunan dan anggaran terserap total,tidak masuk silpa,dan kalimantan selatan juga masih perlu dimekarkan diantara nya kota baru,kab banjar,batola,tanah bumbu,tanjung,dan setidak nya perlu disiapkan dini,atau membuat kota pesisir diwilayah kota baru untuk mengurai kemacetan perlu kita nya pemekaran agar lenih merata nya pembangunan dan percepatan,klu melihat pulau jawa tanpa penghasilan alam seperti tambang pun bisa maju itu karena wilayah kab nya yg luasan nya tetara kec diwilayah kalimantan jadi lebih bnyak dapat porsi pembangunan pusat,untuk wisaa perlu lebih diuptimalkan lagi di daerah kota baru karna klu ilihat dari wisana inusantara ini tidak kalah bagus dari pulau bali dan wisata lain nya diindonesi ini

    BalasHapus

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner