okeee

okeee

» » Banjarmasin Perlu Tiru Jakarta

BANUAONLINE.COM - Banjarmasin sebagai salah satu kota besar di Indonesia setiap tahun memang bertambah padat. Dengan semakin padatnya bangunan dan penduduk, maka tidak bisa dipungkri kemungkinan nantinya Banjarmasin bakal krisis ruang terbuka hijau.

Melihat kenyataan tersebut, pengamat tata kota Banjarmasin Akhmad Kahfi merasa Banjarmasin perlu mencontoh Jakarta. Dijelaskannya penduduk Banjarmasin bertambah padat dari tahun ke tahun. Tentu akan menyebabkan Banjarmasin menjadi kota yang padat dengan bangunan dan kekurangan ruang terbuka hijau. “Saya rasa sejak sekarang kita perlu memikirkan hal itu untuk nasib anak cucu kita,” ujarnya (1/2015).

Ia menilai pengelolaan penghijauan di Jakarta sudah lumayan bagus. Sudah ada usulan pengaturan untuk tanah yang berukuran 100 meter, maka 70 persennya harus dijadikan terbuka dan ditanami tumbuhan, Sedangkan 30 persennya lagi untuk dibangun bangunan. “Di Jakarta mulai dicanangkan aturan 70 persen harus dijadikan terbuka dan ditanami tumbuhan, sedangkan 30 persennya dibuat bangunan,” jelasnya.

Hal ini bertujuan agar Jakarta yang sudah semakin padat itu ada tersedia ruang terbuka hijau. Ini, lanjutnya bisa ditiru Pemerintah Kota Banjarmasin dalam penghijauan dan penyediaan ruang terbuka hijau. “Tentu bisa dicontoh di Banjarmasin. Ketika Banjarmasin semakin padat, kita sudah bisa mengantisipasi,” urainya.

Kota Banjarmasin sebagai ikon Kalimantan Selatan memang sedang mengalami pertumbuhan pembangunan yang cukup pesat. Bangunan ruko hampir bisa kita lihat di sepanjang jalan. Belum lagi banyaknya lahan terbuka yang sekarang disulap menjadi perumahan.

Ia mengharapkan ke depannya Banjarmasin bisa meniru Jakarta dalam penghijauan. Selama ini ia melihat Banjarmasin mengarah menjadi kota metropolitan. Sehingga perlu aturan mengatur pembangunan dan penghijauan secara berkesinambungan.

Sekedar informasi, Diperkirakan pada tahun 2020, penduduk Banjarmasin akan mencapai 900 Ribu lebih. Padahal kapasitas Banjarmasin dengan luas wilayah 90 Kilometer Persegi hanya mampu menampung penduduk 900 orang saja. Tidak salah, kalau di enam tahun lagi, Banjarmasin menjadi "lautan manusia" karena terlalu padat.

Saat ini, penduduk Kota Banjarmasin sudah mencapai 720 Ribu orang. Jumlah ini jauh meningkat dari tahun 2010 yang hanya 500 Ribu saja. Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Banjarmasin, Fajar Desira menjelaskan, di 2020 Banjarmasin diprediksi akan sangat padat. "Enam tahun lagi penduduk Kota Banjarmasin, diperkirakan lebih dari 900 Ribu orang. Padahal kapasitas kota ini hanya mampu menampung maksimal 900 Ribu orang," kata Fajar beberapa waktu lalu. (stp/mb)

About kalsel suara

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini