okeee

okeee

» » Anggaran Rp10 Miliar PU Kalsel Dipertanyakan

BANUAONLINE.COM - Meski mendapat anggaran besar untuk peningkatan Jalan Pramuka Banjarmasin pada tahun 2014 dan 2015, kerusakan parah di jalan tersebut hanya dibiarkan saja oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kalsel.  
Berdasarkan pantauan, kerusakan di Jalan Pramuka Banjarmasin ini sudah mulai terjadi sejak pertengahan tahun 2014 dan terus bertambah parah hingga kemarin. Kondisi terakhir, Jalan Pramuka Banjarmasin tersebut masih belum diperbaiki. Lubang-lubang yang dalam dan menganga di sepanjang Jalan Pramuka banjarmasin berjumlah lebih dari sembilan titik.
Apabila hujan, maka akan ada genangan air. Lubang dengan genangan air ini tentu akan membahayakan pengguna jalan apabila pengguna jalan terperosok ke dalam lubang. Kecelakaan menjadi ancaman serius di depan mata.  “Kerusakan yang parah dan terkesan dibiarkan ini sungguh ironis mengingat negara menganggarkan uang sangat banyak untuk meningkatkan dan memelihara Jalan Pramuka Banjarmasin ini,” ujar Muhith Afif, Koordinator Lembaga Komunitas untuk Demokrasi (LKOMDEK) Kalimantan Selatan (1/2015).
Sesuai dengan APBD  Kalimantan Selatan  tahun 2014, Dinas PU diberi anggaran sebesar Rp10 miliar untuk meningkatkan Jalan Pramuka Banjarmasin, sedangkan untuk tahun 2015, Dinas PU diberi anggaran sebesar lima miliar rupiah.
Seandainya Jalan Pramuka itu panjangnya 10 km, maka negara sudah menganggarkan satu miliar rupiah untuk peningkatan jalan 1 km di tahun 2014. “Satu miliar untuk satu kilometer jalan adalah angka yang sudah lebih dari cukup untuk meningkatkan Jalan Pramuka Banjarmasin. Kualitas satu milyar untuk satu kilometer itu seharusnya jalan berada dalam kondisi mulus,” kritiknya.
Maka, ujarnya, patut dipertanyakan dengan anggaran sepuluh selama tahun 2014, kenapa masih banyak jalan rusak di sepanjang Jalan Pramuka Banjarmasin? Di samping  anggaran sepuluh miliar untuk peningkatan Jalan Pramuka Banjarmasin, sesungguhnya APBD Kalsel tahun 2014 juga mengaggarkan dua miliar untuk pemeliharaan jalan-jalan.   
Sehingga Dinas PU Kalsel dianggapnya tak punya alasan tak punya dana untuk memperbaiki Jalan Pramuka Banjarmasin, apalagi tahun 2015 sudah dianggarkan 5 milyar khusus untuk Jalan Pramuka Banjarmasin. “Kami mendesak Gubernur dan DPRD Kalimantan Selatan agar mengevaluasi kinerja Dinas PU Kalimantan Selatan,” tandasnya. (stp/mb)

Baca terus BANUAONLINE.COM, follow twitter @banuaonline.

BACA JUGA
JANUARI, KALSEL WASPADA BANJIR >> http://www.banuaonline.com/2014/12/kalsel-waspada-banjir-januari-2015.html

GELANG SIMPAI DAYAK MERATUS KALSEL LUAR BIASA >> http://www.banuaonline.com/2014/12/melihat-pembuatan-gelang-simpai-dayak.html

WISATA UNIK LABIRIN TANAH LAUT >> http://www.banuaonline.com/2014/11/wisata-unik-labirin-pelaihari.html


Kisah Pemuda Banua yang Dicintai Anak Jalanan, Siapa Dia? >> http://www.banuaonline.com/2014/12/kisah-relawan-anak-jalanan-kalsel.html 

H Muhidin Mau Pulau Kembang Loh! >> http://www.banuaonline.com/2015/01/muhidin-inginkan-pulau-kembang.html 

2015, Sebagian Wilayah Kalsel masuk Kalteng? >> http://www.banuaonline.com/2014/12/sebagian-kalsel-bakal-masuk-wilayah.html

About kalsel suara

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini