okeee

okeee

» » Kisah Relawan Anak Jalanan Kalsel

Saat anak-anak muda lain lebih memilih menghabiskan waktu libur untuk bersenang-senang, mereka malah bergulat dengan anak jalanan. Bagi mereka, membina anak jalanan adalah ladang amal dan memuaskan batin. Siapa mereka?


Rela Tak Dibayar, Sering Habiskan Waktu Libur untuk Anak Jalanan

Nama kelompok mereka ini adalah Syiar Jalanan, yang diisi oleh para mahasiswa dari latar belakang perguruan tinggi berbeda di Banjarmasin. Sebagian berasal dari IAIN Antasari Banjarmasin, dan Universitas Lambung Mangkurat. Mereka bersatu untuk memperjuangkan para anak jalanan agar terbina menjadi lebih baik, memiliki wawasan, keahliann dan akhlak yang baik.
ANTUSIAS- Kegiatan anak jalanan di Banjarmasin

Secara rutin, Syiar Jalanan mengadakan pengajian untuk para anak jalanan yang biasanya berada di sentra pasar Antasari Banjarmasin dan sekitarnya. Selain pengajian, ada pula kegiatan pembinaan agar para anak jalanan memiliki keahlian, dan bisa mandiri. Tentunya, tak mudah pada awalnya membina para anak jalanan yang sudah terbiasa hidup liar di “belantara” jalanan ibukota tersebut.

Komunitas ini terbentuk Oktober 2011 lalu. Penggeraknya adalah sejumlah mahasiswa yang berkuliah di  IAIN Antasari Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, rata-rata masih di semester dua-tiga, jumlahnya sekitar 20 orang lebih.  

Tiap malam Jumat, ada pengajian anak-anak jalanan binaan SJ mulai selepas magrib sampe isya. Sementara tempatnya terkadang meminjam kantor UPTD Pasar Sentra Antasari milik Dinas Pengelolaan Pasar Kota Banjarmasin yang terlentak di lantai dua terminal Pasar Sentra Antasari. Anak-anak itu diajari mengaji,  fikih, dan akhlak. “ Kami berharap para anak jalanan bisa pribadi yang berakhlak baik dan berwawasan,” kata Khairin Najerin, Ketua Syiar Jalanan Banjarmasin.

Di samping ilmu agama, para -anak jalanan ini juga diberi pembinaan. Tak jarang ada juga anak jalanan yang hobi ngelem. Lalu bagaimana caranya mengumpulkan para anak jalanan hingga mau ikut pembinaan? Syiar Jalanan menggunakan cara khusus, yaitu dengan sering-sering nongkrong bersama anak-anak itu di jalan. Setelah dianggap dekat seperti keluarga, baru diajak ngaji. dari pertama yang ikut sepuluh anak, lama-lama yang sepuluh itu mengajak teman-temannya yang lain. 

Salah satu pegiat Syiar Jalanan, Algi, mengungkapkan bahwa saat ini perhatian negara terhadap para anak jalanan masih kurang, padahal mereka seharusnya dilindungi oleh negara sesuai amanat undang-undang yang ada di Indonesia. “Para anak jalanan, khususnya di Banjarmasin punya hak yang sama dengan anak-anak lainnya untuk mendapatkan pendidikan dan lain-lain. Kami berusaha agar mereka percaya diri dan bisa mandiri,” katanya.

Visi Syiar Jalanan sendiri, katanya, adalah mensyi’arkan ajaran agama Islam dan memberikan solusi kehidupan yang ditujukan untuk anak jalanan dan kawasan anak jalanan di kota Banjarmasin demi terwujudnya Banjarmasin bungas. Caranya adalah dengan melibatkan sebanyak mungkin mahasiswa dan aktivis organisasi untuk peduli kepada anak jalanan dengan menjadi seorang sahabat dan guru.
Baru-baru ini, pada 12 Desember 2014 lalu Syiar Jalanan bersama para anak jalanan melakukan kegiatan di perempatan lampu merah Jl.Pangeran Antasari depan Masjid Agung Miftahul Ihsan. Anak jalanan bersama Satpol PP Kota Banjarmasin melakukan aksi sosialisasi Perda Kota Banjarmasin mengenai Tata Tertib Lampu Merah. “Alhamdulillah kegiatan berlangsung dengan lancar dan diramaikan oleh musik kreatif anak jalanan dan kawan-kawan mahasiswa,” tuturnya.

Menurutnya kegiatan ini membuktikan bahwa pemerintah dan mahasiswa serta anak jalanan bisa bersama-sama untuk membangun kota banjarmasin. Sehingga peran anak jalanan bisa diberdayakan. Untuk kegiatan-kegiatan seperti ini, tak jarang para anggota Syiar Jalanan harus merelakan waktu libur mereka. Tapi mereka mengaku senang bisa membantu sesama, dan itu tak ternilai harganya.

Baca terus BANUAONLINE.COM, follow twitter @banuaonline.

BACA JUGA
JANUARI, KALSEL WASPADA BANJIR >> http://www.banuaonline.com/2014/12/kalsel-waspada-banjir-januari-2015.html

GELANG SIMPAI DAYAK MERATUS KALSEL LUAR BIASA >> http://www.banuaonline.com/2014/12/melihat-pembuatan-gelang-simpai-dayak.html

WISATA UNIK LABIRIN TANAH LAUT >> http://www.banuaonline.com/2014/11/wisata-unik-labirin-pelaihari.html

About kalsel suara

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini