okeee

okeee

» » Kehebatan Pasak Bumi Urang Banjar


Pasak bumi atau Tongkat Ali (nama ilmiah: Eurycoma longifolia) adalah sejenis pohon yang terdapat di Semenanjung Malaysia, Sumatera dan Kalimantan. Di Kalimantan Selatan tanaman ini juga ditemukan digunakan untuk beberapa khasiat.

Pasak bumi seperti dikutip dari laman terapidokter dapat mencapai ketinggian sehingga 10 meter di dalam rimbunan hutan tanah rendah. Biasanya, daunnya rimbun pada ujung batang. Kebanyakan pohon ini tidak bercabang, jika bercabang pun terlalu sedikit yaitu satu atau dua cabang saja. Bunganya tersusun padat pada tangkai yang bercabang, yang keluar dari pangkal daun.


 Sejarah pengobatan

Hampir seluruh bagian tumbuhan ini mengandung substansi pahit yang dapat digunakan untuk obat. Akar tumbuhan ini dicampur dengan tumbuhan obat lain seperti kayu manis dan digunakan untuk tonik penyehat di Sabah.

Selain itu di Malaysia kulit akarnya digunakan juga sebagai penawar demam, penyembuh luka-luka di gusi atau gangguan cacing serta tonikum setelah melahirkan. Kulit batang digunakan untuk koagulan darah setelah melahirkan, sedangkan di Kalimantan dan Sabah kulit batang digunakan untuk mengobati nyeri pada tulang.

Daun pasak bumi yang muda dapat dimakan untuk pengobatan sakit perut.

Di Vietnam bunga dan buah pasak bumi digunakan untuk obat desentri.



Kandungan :

Pasak Bumi mengandung empat senyawa penting yaitu senyawa canthin, senyawa turunan eurycomanone, senyawa quassinoid, dan senyawa etanol.

Senyawa canthin pada tumbuhan pasak bumi mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, senyawa turunan eurycomanone sebagai anti malaria, senyawa quassinoid berfungsi sebagai anti leukimia, dan prospektif untuk anti HIV, senyawa etanol berfungsi sebagai afrodisiak.

Hasil Riset :

1. Meningkatkan hormon testosteron 480% (4-5 kali lipat)mengatasi impotensi atau disfungsi ereksi. (M. Ali Johari, dkk – Universitas Malaya)

2. Meningkatkan hormon testosteron hasilnya meningkatkan libido (University Science Malaysia, The University of Illinois Chicago dan The Institute of Natural Medicine-Toyama Medical dan Pharmaceutical University, Jepang)

3. Memberikan daya regang penis lebih baik. (Berbagai sumber penelitian dari internet)

4. Efek samping yang lebih ringan dibanding Yohimbe, dapat menyebabkan halusinasi dan sakit kepala berat. Begitu juga bila dibandingkan viagra. (Healthy Times Digest, no 180/08/2002)

5. Tongkat Ali bahkan aman bagi penderita jantung dan penderita darah tinggi. (Berbagai sumber penelitian dari internet)

6. Menyehatkan prostat. (Healthy Times Digest, no 180/08/2002)

7. Meningkatkan kualitas sperma dan kuantitas sperma (Healthy Times Digest, no 180/08/2002)

8. Mengatasi malaria, mengandung senyawa-senyawa yang memperlihatkan aktivitas anti malaria.
(Riset oleh Department of Medical Chemistry and Pharmacognosy College of Pharmacy di The University of Illinois Chicago)

9. Pembangkit energi dan stamina (Healthy Times Digest, no 180/08/2002)

10. Mengandung bahan anti kanker dan anti HIV (Riset Pendahuluan oleh The Forest Research Institute Malaysia – FRIM, bekerjasama dengan The Massachusetts Institute of Technology)


Manfaat :

Pasak Bumi Sebagai Afrodisiak

Pasak Bumi Sejak beberapa tahun silam pasak bumi dikenal sebagai afrodisiak. Bahkan menurut Ir Nurliani Bermawie, Ph.D, peneliti di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Aromatik ( Balittro ), Cimanggu, Bogor, sejak zaman dulu masyarakat suku Banjar di Kalimantan Selatan menggunakan pasak bumi sebagai obat kuat.

About kalsel suara

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini