okeee

okeee

» » Prof Idiannoor Mahyudin Harumkan Nama Unlam

Jangan remehkan orang Banjar. Barangkali itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan prestasi akademisi asal Universitas Lambung Mangkurat ini. Prof Idiannoor Mahyudin, Guru Besar Unlam terpilih menjadi Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XI Kalimantan, membawahi 174 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) swasta seluruh Kalimantan.
INTERVIEW SYAM INDRA PRATAMA, Banjarmasin.
Urang Banua Kelola 174 Perguruan Tinggi se Kalimantan 
Prof Idiannoor juga akan memimpin pengembangan PTS lima provinsi di Kalimantan, yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara. Putra asli banua ini, dilantik langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Minggu (19/10) lalu. "Insya Allah, kita siap bekerja untuk membina PT swasta di Kalimantan," kata Prof Idiannoor
DEKAT - Prof Idiannoor terkenal akrab dengan mahasiswa
Selain itu, ia menjelaskan bahwa Kemendikbud memilih seseorang menjadi Ketua Kopertis, dengan mempertimbangkan syarat dan prestasi. Sehingga dengan begitu, dapat terpilih sosok yang terbaik. “Karena memenuhi syarat, Kemendikbud memilih saya sebagai Koordinator Kopertis XI Kalimantan,” ujarnya.
Prof Idiannoor sendiri memenuhi syarat karena merupakan guru besar Unlam. Pihak Kemendikbud, terlebih dahulu melakukan pemantauan dan seleksi terhadap beberapa calon yang dianggap pantas memimpin Kopertis. Pengalaman dan masa kerja merupakan salah satu penilaian dalam menetapkan calon. Termasuk, di antaranya, kemampuan berkoordinasi dengan Dikti.
Dikatakannya, tugas berat yang ada dihadapan mata adalah meningkatkan tingkat partisipasi pendidikan kasar di Kalimantan. Tingkat partisipasi pendidikan kasar maksudnya adalah tingkat kemampuan penduduk untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. “Saat ini tingkat partisipasi pendidikan kasar kita hanya 30 persen. Ini tugas berat, dan harus segera dibenahi,” ucapnya.
Prof Idiannoor Mahyudin memohon doa kepada para mahasiswa Unlam dan civitas akademika agar diberi kekuatan untuk menjalankan amanah yang tak mudah tersebut. Ia berharap bisa bekerja maksimal untuk perkembangan dunia pendidikan di Kalimantan. “Mohon doakan saya,” pintanya.
Sementara itu, Rektor Unlam, Prof Sutarto Hadi saat membuka sidang senat terbuka Unlam, mengucapkan selamat kepada Prof Idiannoor Mahyudin karena terpilih sebagai Koordinator Kopertis se Kalimantan. Hal ini dianggap membawa harum nama Unlam.
Sekedar informasi, Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta atau disingkat Kopertis adalah sebuah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah untuk melakukan pembinaan kepada perturuan tinggi swasta di wilayah kerjanya. Kopertis ini awalnya bernama Lembaga Perguruan Tinggi Swasta (LPTS)
Untuk perguruan Tinggi Swasta, maka Kopertis sebagai perpanjangan tangan Ditjen Dikti melaksankan sebagaian tugas Ditjen Dikti dalam hal pengawasan, pengendalian dan pembinaan PTS di wilayah.
Keberadaan Kopertis pada dewasa ini diperlukan mengingat perkembangan PTS sangat pesat dengan jumlah 2.789 PTS dan tersebar diseluruh wilayah Indonesia sehingga pengawasan pengendalian dan pembinaannya tidak mungkin dilaksanakan langsung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

About kalsel suara

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini