okeee

okeee

» » 2020, Banjarmasin "Lautan Manusia"


BANJARMASIN,BANUAONLINE (Oktober 2014)
- Diperkirakan pada tahun 2020, penduduk Banjarmasin akan mencapai 900 Ribu lebih. Padahal kapasitas Banjarmasin dengan luas wilayah 90 Kilometer Persegi hanya mampu menampung penduduk 900 orang saja. Tidak salah, kalau di enam tahun lagi, Banjarmasin menjadi "lautan manusia" karena terlalu padat.

2020-Banjarmasin Bakal Berpenduduk 900.000 Lebih
Saat ini, penduduk Kota Banjarmasin sudah mencapai 720 Ribu orang. Hal ini jauh meningkat dari tahun 2010 yang hanya 500 Ribu saja. Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Banjarmasin, Fajar Desira menjelaskan, di 2020 Banjarmasin diprediksi akan sangat padat. "Enam tahun lagi penduduk Kota Banjarmasin, diperkirakan lebih dari 900 Ribu orang. Padahal kapasitas kota ini hanya mampu menampung maksimal 900 Ribu orang," kata Fajar.
Permasalahan ini tentunya harus diperhatikan dengan benar. Dengan ledakan penduduk di 2020, jika tak dipersiapkan dari sekarang, akan mengakibatkan berbagai permasalahan. Seperti minimnya tenaga kerja, tata kota, kriminalitas dan kesehatan penduduk. "Kami tidak ingin terlambat mengantisipasi. Dari sekarang sudah kami siapkan, sudah ada rancangan antisipasi ke arah sana," paparnya.
Peningkatan penduduk ini selalu terjadi tiap tahun. Sebagai contoh, di 2010, penduduk Kota Banjarmasin hanya 500 Ribu orang. Di 2014 meningkat menjadi 720 Ribu orang, dan di 2020 diperkirakan meningkat menjadi 900 Ribu orang. "Makanya, ini harus disiapkan sejak dini," ucapnya.
Jika penduduk Kota Banjarmasin kelak berjumlah lebih dari satu juta orang, maka Banjarmasin akan menjadi Kota Metropolitan. Karena sebuah kota bisa disebut Kota Metropolitan jika mencapai satu juta penduduk. Melihat peningkatan penduduk Kota Banjarmasin dari tahun ke tahun, hal ini sangat mungkin terjadi. "Ke depan bisa menjadi Kota Metropolitan," ujarnya.
Ditambahkannya, luas wilayah Kota Banjarmasin memang 98 Kilometer Persegi, namun luas tersebut harus dipangkas oleh sungai yang mencapai 30 persen dari luas wilayah Kota Banjarmasin. "Sekitar 30 Persen wilayah Kota Banjarmasin adalah sungai," kata dia.
Sampai saat ini Kota Banjarmasin belum dikategorikan sebagai Kota Metropolitan. Di Indonesia sendiri baru ada sembilan kota Metropolitan, yaitu Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. "Kita harapkan Kota Banjarmasin tidak terlambat mengantisipasi ini. Banjarmasin ke depan akan menjadi Kota Metropolitan seperti sembilan kota besar di Indonesia," tandasnya. (stp/mb)

About kalsel suara

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini