okeee

okeee

» » Sekdaprov Kalsel Dapat Mobil Jeep Rp 1 Miliar

BANJARMASIN (28/9/2014) – Tidak tanggung-tanggung, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalsel akan merasakan mobil Jeep dengan anggaran satu miliar menggunakan uang rakyat di APBD Kalsel 2014 ini. Lelang mobil ini sendiri ternyata baru selesai pada Juni lalu dengan perusahaan pemenang dari Semarang, Jawa Tengah. Ini terungkap, seperti dilansir oleh wartawan investigasi harian Mata Banua.
Penelusuran Mata Banua dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) melalui situs resminya http://lpse.kalselprov.go.id/ terungkap bahwa tahun ini Biro Perlengkapan Sekretariat Daerah Kalsel melakukan proses lelang untuk mobil Jeep seharga satu miliar tersebut.
Lelang dengan kode 1810181, dan nama lelang Pengadaan Mobil Jeep Untuk Sekretaris Daerah Prov. Kalsel (Eselon I) tersebut ternyata dibuka pada 3 Juni 2014 lalu. Pagu (batas tertinggi anggaran) Mobil Jeep tersebut adalah satu miliar rupiah. Pemenang lelang diumumkan pada 19 Juni 2014 lalu. Kemudian Surat Penunjukan Penyedia Barang/Jasa diserahkan pada 24 Juni 2014.
Ada 12 perusahaan yang ikut dalam tender pengadan mobil dinas untuk Sekdaprov itu. Akhirnya diputuskan perusahaan dengan inisial (KK) memenangkan lelang. Perusahaan tersebut memenangkan lelang dengan harga akhir Rp 998.910.000, atau nyaris satu miliar rupiah.
Tidak hanya sampai disitu, Biro Perlengkapan Kalsel pada Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kalsel tahun 2015 menganggarkan pengadaan kendaraan Pemprov Kalsel senilai Rp 7,7 Miliar. Penganggaran sebanyak ini ternyata juga sudah dianggarkan pada APBD Kalsel 2014, sebanyak 7,2 Miliar.
Mengenai hal ini Koordinator Lembaga Komunikasi untuk Demokrasi (LKOMDEK) Kalsel, Muhith Afif, menilai pembelian mobil dinas seharusnya tidak menjadi prioritas dalam anggaran. Menurutnya masih banyak yang lebih prioritas untuk masyarakat, ketimbang membeli mobil Jeep seharga hampir satu miliar rupiah itu. “Apa tidak ada yang lebih prioritas daripada mobil dinas,” cetusnya.
Ia mengharapkan, pemerintah daerah lebih pro rakyat dalam soal anggaran. Apalagi saat ini Kalsel perlu pembenahan infrastruktur layanan masyarakat. Jika Kalsel ingin lebih sejahtera, katanya, anggaran dalam APBD harusnya berpihak pada rakyat. “Kalau mobil tidak terlalu urgent. Bagi masyarakat malah tidak membawa dampak apa-apa,” kata dia.
Sekedar informasi, LPSE adalah unit kerja yang dibentuk di seluruh Kementerian/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah/lnstitusi untuk menyelenggarakan sistem pelayanan pengadaan barang/jasa secara elektronik serta memfasilitasi Unit Layanan Pengadaan (ULP)/Pejabat Pengadaan dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa secara elektronik.
Pengadaan barang/jasa secara elektronik akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, meningkatkan akses pasar dan persaingan usaha yang sehat, memperbaiki tingkat efisiensi proses pengadaan, mendukung proses monitoring dan audit dan memenuhi kebutuhan akses informasi yang real time guna mewujudkan clean and good government dalam pengadaan barang/jasa pemerintah. (stp)
Data Pengadaan Mobil Jeep Untuk Sekretaris Daerah Prov. Kal Sel (Eselon I)
Kode Lelang                       : 1810181
Agency                                 : ULP (Unit Layanan Pengadaan)
Satuan Kerja                      : Biro Perlengkapan Sekretariat Daerah Prov. Kalsel
Anggaran                             : 2014 – APBD
Nilai Pagu Paket               : Rp 1.000.000.000,00
Cara Pembayaran            : Lum Sump

About kalsel suara

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini