okeee

okeee

» » Sultan Siap Terima Amanah Golkar

Banjarmasin, BanuaOnline - Bupati Kabupaten Banjar, Sultan Khairul Saleh menyatakan siap menerima amanah Golkar untuk diusung menjadi calon Gubernur Kalsel 2015 mendatang. Hal ini menyusul kabar yang berkembang bahwa Sultan, akan dipasangkan dengan Hasnuryadi Sulaiman, anak dari Ketua Golkar Kalsel, H Sulaiman HB.
 
Saat dimintai keterangan, Sultan Khairul Saleh menyatakan siap menerima amanah Golkar, jika resmi ada keputusan dari Golkar Kalsel. Selain itu, bupati Banjar dua periode tersebut mengganggap Golkar merupakan partai yang mempunyai sistematika pencalonan sangat baik. "Saya sangat senang dan siap menerima amanah dari Golkar Kalsel jika diinginkan," ujarnya kemarin (20/8) pagi.
 
Saat ditanya, kemungkinan berpasangan dengan Hasnuryadi Sulaiman, Sultan Khairul Saleh memilih tidak berkomentar. Namun untuk semakin memastikan kabar ini, kami mencoba meminta tanggapan dari pihak Golkar Kalsel. Sekretaris Golkar Kalsel, Murhan Effendi saat meski berkomentar politis, tetap memberikan kriteria calon yang akan diusung Golkar pada Pilgub Kalsel 2015 mendatang kepada redaksi Mata Banua.
 
Diuraikannya, kriteria calon kepala daerah atau wakil kepala daerah dari Partai Golkar Kalsel, antara lain adalah kader partai atau perseorangan yang mengakar dan berkemampuan. "Mengakar yakni figur yg memiliki integritas moral yg baik, tokoh yang populer dan menjadi panutan," kata ia.
Sedangkan berkemampuan, lanjutnya, adalah berpengalaman dibidang sosial kemasyarakatan, juga memiliki prestasi, dedikasi, disiplin, loyalitas dan tidak tercela, serta tak memiliki masalah hukum.
 
Saat disinggung soal nama, Murhan memberikan sinyal bahwa calon yang nantinya diusung Golkar Kalsel adalah figur yang memiliki elektabilitas terbaik dan terukur jelas. "Dia memiliki elektabilitas yang terbaik sesuai hasil survei dan pengkajian oleh lembaga survei independen dari partai. Itu yang akan kita usung," urainya.
 
Kriteria atau persyaratan calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah dari Partai Golkar Kalsel, kata Murhan, tentu saja harus sesuai dengan persyaratan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
Terpisah, Dr. Budi Suryadi pengamat Politik dari Fakultas Ilmu Politik dan Sosial (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), mengharapkan Pilgub Kalsel 2015 mendatang lebih baik dari Pilgub sebelumnya. Dr. Budi Suryadi menganggap Kalsel ke depan, perlu seorang gubernur dengan  kepahaman soal multikulturalisme. "Hal ini didasarkan atas kondisi Kalsel sekarang makin multi budaya," terangnya.
 
Tentang beberapa tokoh yang sudah muncul ke permukaan, dan menyatakan siap menjadi calon Gubernur Kalsel, ia berharap tokoh-tokoh itu harus sudah sejak awal mengedepankan pemahaman akan multikulturalisme ini. "Salah satunya menghindari penggunaan slogan-slogan anti multikulturalisme," tandasnya. (stp/matabanua)

About kalsel suara

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini